PT BBP dan PT MAS Bantu Pembangunan Kapasitas Bisnis Bumdes Makmur Bersama

97
MATARAMAN, – Mengembangkan hasil potensi desa menjadi pemberdayaan yang sangat menjamin mutu kesejahteraan masyarakat desa.
Dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadikan salah satu usaha yang dikelola pemerintah desa, Bumdes Makmur Bersama Desa Bawahan Selan memanfaatkan potensi kekayaan desanya di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Jumat (21/7/2023).
Diungkapkan Wisnu selaku Bendahara Bumdes Makmur pihaknya dibantu PT Mitra Agro Semesta (MAS) dan PT Banjar Bumi Persada (BBP) mengembangkan usaha desa terkhusus bidang pertanian.

 

“Beberapa unit bisnis yang telah dikembangkan di antaranya adalah retail market, penyewaan kipas angin, mobil pick-up pengadaan pupuk kandang dan lainnya,” terang Wisnu

 

Selain itu Menurut Wisnu produk pertanian merupakan produk unggulan yang harus dikelola secara bijak. Menentukan pelanggan dan membangun hubungan dengan customer, menjadi core business selain modal dari BUMDES.
Sementara anggota Bumdes Heri dan Galih mengatakan kami merasa PT BBP dan PT MAS telah memberikan banyak manfaat, karena tak hanya pendampingan dalam proses bisnis model namun juga membekali dengan kemampuan diri para pengurus.
“Semoga dari hasil Business Model Canvas (BMC) ini dapat dilakukan langkah ke depan termasuk membangun bisnis berkelanjutan melalui Kelapa Hibrida serta berbagai komoditi lain,” harapnya.

 

Nor Qomariyah selaku Public Relations PT BBP aldan PT MAS mengatakan BMC penting dibangun dengan para anggota BUMDES sebagai bentuk capacity building. Penilaian rencana bisnis yg tepat akan membawa keberlanjutan BUMDES ke depan. Nor menambahkan BUMDES Makmur Bersama telah menyusun roadmap bersama PT BBP dan PT MAS hingga 2025 menuju sustainability ekonomi berjangka panjang

Rencananya selain pertanian, area BUMDES juga akan dikembangkan menjadi tempat riset sekaligus wisata edukasi  yang berada di area HGU PTPN XIII Danau Salak, dengan melibatkan pelanggan, tak hanya sebagai penikmat hasil pertanian yang ditawarkan namun sebagai co-planter atau ikut melakukan aktivitas pertanian secara off-farm di area yang telah disediakan.

 

Rilis : Zidan

Uploader : Hendra