Berita

Selesaikan Aduan Masyarakat 100 Persen, Lapor MANIS Dapatkan Pujian

MARTAPURA,- Kementerian PANRB, Ombudsman RI dan Kemendagri berperan dalam monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik dan pengelolaan pengaduan melalui pemerintah provinsi dan diteruskan ke kabupaten dan SKPD terkait. Dalam hal ini dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi SP4N-LAPOR Se-Kalimantan Selatan Tahun 2021 melalui Zoom Meeting, Rabu (22/09/2021).

Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad hadir dalam kegiatan ini. Hadir pula Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifai dan seluruh peserta Monev.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar H. M. Aidil Basith hadir melalui Command Center Martapura, didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik DKISP Banjar Eddy Elminsyah Jaya, Kepala Seksi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik DKISP Banjar M. Hamdani, Staf SP4N-LAPOR DKISP Banjar Faishal Rizal.

Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik KemenPAN RB Yanuar Ahmad dalam pemaparannya memperlihatkan Presentase Penyelesaian Pengaduan Melalui Lapor Per-Provinsi Semester I Tahun 2021.

“Sasaran strategis SP4N pada tahun 2024 adalah terwujudnya pengelolaan pengaduan yang mampu memberikan respon dan solusi cepat serta terpercaya yang dilihat dari indikator jumlah pengaduan dan presentase penyelesaian tindak lanjut pengaduan,” ungkapnya.

Kepala DKISP Kabupaten Banjar H. M. Aidil Basith mengapresiasi capaian Lapor Kabupaten Banjar di semester I Tahun 2021.

“Alhamdulillah, laporan pengaduan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Banjar, dan hasil evaluasi dari Kemendagri, KemenPAN RB, bahwa Kabupaten Banjar telah menyelesaikan pengaduan masyarakat dalam semester I Tahun 2021 dari januari hingga juni 100% telah ditindaklanjuti, ini merupakan kebanggaan bagi kita. Mudah-mudahan selanjutnya kita akan selalu mengayomi dan bisa melayani keluhan-keluhan masyarakat,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik DKISP Banjar Eddy Elminsyah Jaya. KemenPAN RB dan Kemendagri menilai sangat baik pengelolaan SP4N Lapor dengan menyelesaikan 100 persen pengaduan.

” Banyaknya aduan bukan berarti buruk, tetapi seperti yang disampaikan Kapuspen Kemendagri ini membuktikan bahwa Lapor tersosialisasi dengan baik dan tingkat kepercayaan aduan melalui aplikasi Lapor ini mendapatkan kepercayaan masyarakat dengan respon yang tinggi kepada Lapor Manis, Maju Mandiri Agamis, Responsif Terhadap Aduan Masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor juga mengungkapkan monitoring dan evaluasi akan dilaksanakan secara berkala terhadap Pemkab/kota di Kalsel. Provinsi Kalsel sendiri memiliki capaian yang baik dalam penyelesaian pengaduan yakni dengan presentase 97,9%.

Reporter : Inka Regina
Editor : Ronny Lattar

Terbaru

90 Aduan Masuk di Aplikasi LAPOR, Masalah Bantuan Sosial Mendominasi

Radio Suara Banjar

Ikuti Webinar Literasi Digital, Indonesia Makin Cakap Digital

Radio Suara Banjar

Peduli Warga Kebanjiran, Lazisnu Banjar Datangi Warga Bincau Muara

Ronny RSB