Seminar Hari AIDS se Dunia, Wabup Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Akan Ancaman HIV

70

MARTAPURA,- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Banjar menggelar Seminar Hari AIDS Sedunia tahun 2023, di Aula Kantor Bappeda Litbang Kabupaten Banjar, Rabu (06/12/2023) pagi.

Seminar dibuka resmi oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Al habsyi yang juga selaku Ketua KPA Kabupaten Banjar. Menghadirkan narasumber,  Sekretaris KPA Provinsi Kalsel Mursalin dan Sekretaris KPA Kabupaten Banjar Muhammad Hamdi. Sementara peserta seminar  adalah para orang tua pelajar dan ASN Lingkup Pemkab Banjar.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi turut mengapresiasi Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Banjar atas terselenggaranya seminar tersebut. Menurutnya kegiatan ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian masyarakat dalam menghadapi tantangan serius yaitu HIV/AIDS.

Dikatakan Habib Idrus, Pemkab Banjar bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk mengimplementasikan program pengendalian yang efektif. Yakni mencakup promosi kesehatan, pencegahan perilaku berisiko, penemuan kasus berupa skrining, testing dan tracing.

” Namun implementasi ini tidak akan berhasil tanpa partisipasi aktif dan kontribusi nyata dari komunitas,” tekannya.

 

Sementara itu Sekretaris KPA Provinsi Kalsel Mursalin mengajak masyarakat untuk ikut berperan untuk bersama sama mengulurkan tangan, bergerak sebagai kekuatan terbesar untuk mengakhiri AIDS di Kabupaten Banjar dan Indonesia.

Sesuai tema lanjut Mursalin “Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030” ia mengajak setiap individu yang telah mengetahui status HIV/AIDS untuk mendampingi dan memberikan pemahaman kepada mereka yang masih ragu atau tidak menyadari risikonya.

” Mari bersama sama mendukung mereka agar mau mendapatkan obat Anti Retro Viral (ARV) untuk menekan virus dan menjaga daya tahan tubuh,” ajaknya.

 

 

Reporter : Fuad Rivan

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra