Berita

Sosialisasi Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Mikro 2023 

 

KERTAK HANYAR,- Sampai saat ini permasalahan ketenagakerjaan masih cukup kompleks, seperti besamya jumlah pengangguran seiring jumlah angkatan kerja yang kian meningkat. Selain itu kualitas tenaga kerja yang masih rendah serta informasi pasar kerja yang retatif masih terbatas. Permasalahan lainnya menyangkut upah pekerja yang masih rendah, baik diakibatkan produktivitas kerja yang masih rendah maupun penerapan upah oleh perusahaan.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disnakertran) Kabupaten Banjar Siti Mahmudah saat membuka sosialisasi Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Mikro, diikuti puluhan perwakilan perusahaan, di Hotel Delima, Kertak Hanyar, Rabu (17/5/2023) pagi.

Permasalahan lainnya sebut Mahmudah menyangkut keselamatan dan kesehatan kerja yang rendah, lingkungan kerja yang kurang baik, penempatan yang kurang sesuai dengan kompetensi dan kasus-kasus yang mempengaruhi para pekerja dan pengusaha yang berakibat tidak kondusifnya perusahaan. Dalam penyelesaiannya menuntut perumusan kebijakan yang komprehensif yang mengikat seluruh pemangku kepentingan.

“ Dalam Pasal 43 ayat (1) dan ayat (2) instansi pemerintah yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan melaksanakan pembinaan terhadap penyusunan dan pelaksanaan RTK Makro dan RTK Mikro sesuai dengan kewenangan dan pembinaan meliputi konsultasi, bimbingan, pelatihan dan sosialisasi,’ ujarnya.

 

Maksud digelarnya sosialisasi ini antara lain mendayagunakan pegawai secara optimal dan prodüktif, mendukung pencapaian kinerja pegawai dan perusahaan yang tinggi, memudahkan pencapaian visi dan misi perusahaan. Selain itu membatasi timbulnya permasalahan di perusahaan, menjamin kelangsungan dan pengembangan perusahaan, serta memperluas kesempatan kerja.

Sementara tujuannya menjamin kelangsungan hidup dan pengembangan perusahaan melalui pelaksanaan program kepegawaian yang terarah, menjamin perlindungan pegawai, hubungan industrial yang harmonis, peningkatan kesejahteraan pegawai dan keluarganya serta menciptakan kesempatan kerja yang seluas luasnya.

“ Harapannya, dengan sosialisasi ini, badan usaha, perusahaan, instansi, lembaga pemerintah di wilayah Kabupaten Banjar khususnya, dapat menyusun dokumen perencanaan TKM dalam rangka meningkatkan pendayagunaan tenaga kerja secara optimal dan prodüktif untuk mendukung pencapaian kinerja yang tinggi bagi perusahaan yang bersangkutan,” harapnya.

 

 

Reporter : Bagus F

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Berikan Kemudahan Masyarakat, Kartu Sakti Manis Dilaunching

Radio Suara Banjar

Bupati Banjar Lantik 158 Pejabat Administrator dan Pengawas

Radio Suara Banjar

Pembangunan Jalan Tembus TMMD di Desa Biih Sudah Rampung 50%