Tambah Penghasilan Keluarga, Emak-Emak Diajak Nabung ke Bank Sampah

84

MATARAMAN,- Usai merambah beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Banjar, Ketua Tim Penggerak PKK bersama kader kembali sosialisasikan pengelolaan sampah. Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) kali ini menyasar Kecamatan Mataraman dan Astambul, di Aula Kantor Kecamatan Mataraman, Rabu (25/10/2023) siang.

 

Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas mengaku sosialisasi ini merupakan yang ketiga kali dirinya menyampaikan pengelolaan sampah kepada para ibu rumah tangga melalui ketahanan keluarga yaitu pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan TP PKK. Ia mengajak para ibu untuk membiasakan anaknya sedari dini untuk mencintai lingkungan sehingga dapat menambah penghasilan tambahan bagi keluarga.

” Pengelolaan sampah limbah rumah tangga, bagaimana agar sampah tersebut dapat dipilah hingga bisa bernilai ekonomis bagi keluarga baik sampah organik maupun non organik,” ujarnya.

 

Ditempat yang sama, Kasi Kemitraan DPRKPLH Bentung Wibisono menyampaikan, sosialisasi ini dilaksanakan di 20 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Banjar yang bertujuan membangkitkan semangat masyarakat untuk membangun perekonomian melalui bank sampah.

 

Ia mengungkapkan sejauh ini bank sampah yang ada di Kabupaten Banjar sebanyak 22 unit, berkoordinasi dengan para pambakal, lurah dan camat. Ia menyebut kegiatan tersebut didukung penuh oleh Bupati dan Ketua TP PKK Banjar yang telah bahu membahu membangun perekonomian masyarakat.

 

Lebih jauh ia menjelaskan, terkait pembangunan TPS oleh Pemerintah Kabupaten Banjar sejauh ini sudah mencapai 51. Sementara 49 TPS akan dibangun pada tahun 2024-2026.

” Kami mohon kepada masyarakat terutama di desa dan kelurahan agar dapat membantu dalam penyediaan lahan untuk pembangunan TPS tersebut sehingga RPJMD Bupati Banjar bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan,” lontarnya.

 

 

Camat Mataraman Heriyanto berharap melalui sosialisasi ini pihaknya bersama masyarakat dapat menerapkan sesuai dengan tema “Ayo Menabung Sampah Ke Bank Sampah, dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain Kecamatan Mataraman dan Astambul, 7 kecamatan lainnya yang sudah melaksanakan sosialisasi diantaranya Kecamatan Gambut, Kertak Hanyar dan Beruntung Baru.

 

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra