Tim Gabungan BPBD Banjar Tangani Karhutla di Enam Lokasi

38

MATARAMAN,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bersama tim gabungan diantaranya EBR, PMI, Polisi, sejumlah BPK swasta dan Tim Pemadam Kebakaran PTP, berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar semak belukar, di Desa Mangkulawat Kecamatan Mataraman, Jumat (6/10/2023) siang.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selain membakar semak belukar juga membakar tumpukan pohon karet yang sudah ditebang. Penanganan api berlangsung cukup lama hingga malam hari. Sementara luasan lahan yang terbakar di desa tersebut sekitar 15 hektare.

Untuk meminimalisir luasan lahan yang hangus tim gabungan cukup terkendala dengan minimnya penerangan serta tidak adanya sumber air yang dekat dan mudah didapat di sekitar lokasi.

” Petugas terkendala minimnya penerangan, sumber air juga sangat jauh dari titik api,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita.


Warsita menambahkan, selain di Mangkulawat tim gabungan pada hari yang sama juga lakukan penanganan karhutla disejumlah tempat. Antara lain di Komplek Dinar Mas 3 Kecamatan Gambut seluas 1 hektare. Pemanjatan, Gambut 2,5 hektare. Ring 1 Desa Cindai Alus 1,5 hektare.

Selain itu juga di Lutfia Tunggal Jalan Irigasi Kecamatan Martapura 0,5 hektare serta Desa Cindai Alus tepatnya di belakang lapangan sepak bola Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra seluas 40×20 meter.

Reporter ; Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra