TPPS Kabupaten Banjar Komitmen Turunkan Angka Stunting

403

MARTAPURA,- Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas yang juga Wakil Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Banjar, sambut kedatangan tim audiensi dari TPPS Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Banjar, di Aula Barakat Martapura, Kamis (9/6/2022) pagi.

Audiensi ini dipimpin oleh Sekda Banjar HM Hilman,  turut hadir Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banjar M Riza Dauly dan beberapa Kepala SKPD terkait, Tim penilai Stunting Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan beserta rombongan, Forkopimda Banjar serta undangan lainnya.

Sekda Banjar HM Hilman mengatakan, tujuan audiensi ini dalam rangka diskusi mengenai penurunan angka stunting di Kabupaten Banjar.

Sekda Banjar juga meminta saran dan masukan dari tim penilai Pemprov Kalsel dan pihak lainnya terkait lainnya.

” Dengan harapan kita bisa bergandengan bersama dan kerja bersama untuk menurunkan angka prevalensi Stunting di Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar yang juga Wakil Ketua TPPS Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas yang meminta dukungan serius kepada instansi terkait untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Banjar.

” Saya juga mohon bantuan satuan tugas dan dukungan yang serius untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Dikatakan, sudah dipaparkan bahwa 70 persen angka stunting dapat turun dengan motivasi serta usaha dibidang sanitasi dan konsumsi air bersih yang ada di Kabupaten Banjar, namun hal ini jangan membuat semangat akan turun dalam upaya penurunan angka stunting.

” Jangan hal tersebut menurunkan semangat kita untuk mengupayakan penurunan angka stunting, tapi dari berbagai sektor akan sama-sama kita dongkrak terutama untuk penginputan data,” ungkap Nurgita Tiyas.

Ia juga berharap agar masalah ini menjadi perhatian serius dan siap berkomitmen untuk menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Banjar.

” Saya harap ini menjadi perhatian serius dan Insyaallah saya akan berkomitmen secara vokal baik secara fisik maupun program, saya minta waktu untuk menuntaskan paling tidak ada perubahan angka persentase yang menurun,” harapnya.

Audiensi ini diisi dengan pemaparan materi dari Bappeda Litbang Kabupaten Banjar terkait upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Banjar, saran dan masukan-masukan dari tim penilai stunting dan juga dari TPPS Provinsi Kalimantan Selatan.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar