Wabup Banjar Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD 2025-2045

85

GAMBUT,- Sebanyak 200 peserta ikuti Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (FKP Ranwal) Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Banjar tahun 2025-2045  di Gedung William Tandiono, Jl A Yani Km 11,8 Kecamatan Gambut Selasa (7/11/2023) pagi.

 

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie yang membuka kegiatan mengatakan, RPJPD merupakan salah satu bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berfungsi sebagai instrumen untuk memberikan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan daerah selama 20 tahun ke depan.

Ia menjelaskan, forum tersebut sebagai media konsultasi publik sehingga para pemangku kepentingan dapat secara aktif mengikuti dan memberikan saran dan masukan konstruktif terhadap konsep perencanaan pembangunan yang disusun.

” Pelaksanaan FKP Ranwal RPJPD Kabupaten Banjar merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap permasalahan, isu strategis daerah, visi dan misi daerah, arah kebijakan serta sasaran yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD,” kata Habib Idrus.

 

Sementara Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah berharap tim penyusun dan tim ahli agar memperhatikan arah pembangunan nasional dan provinsi guna mendukung capaian pembangunan nasional.

” Pihak provinsi maupun kabupaten serta SKPD agar terlibat aktif dalam setiap tahapan proses penyusunan, sehingga dokumen RPJPD dapat menjadi dasar dalam pemilihan program pada penyusunan perencanaan jangka menengah (setiap lima tahun) dan jangka pendek (setiap satu tahun) dari SKPD,” jelasnya.

Ratusan peserta FKP Ranwal ini terdiri dari para staf ahli dan asisten, Kepala SKPD lingkungan Pemkab Banjar, perusahaan daerah, perguruan tinggi, akademisi dan organisasi kemasyarakatan. Sementara narasumber dari Bappeda Provinsi Kalsel, Tim Penyusun dan Tim Ahli dari Universitas Gajah Mada.

 

 

Reporter : Faidillah Rajani

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra