Wabup Banjar Letakkan Batu Pertama Pembangunan UPT Labkesda

369

MARTAPURA,- Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) masih sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pembangunan di daerah, khususnya pembangunan kesehatan disebabkan keterbatasan anggaran daerah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Banjar, di Komplek Pangeran Antasari Martapura, Rabu (6/7/ 2022) pagi.

Dikatakan, saat ini masih ada beberapa bangunan kesehatan dan unit pelaksana teknis (UPT) di Kabupaten Banjar, yang kondisinya perlu perbaikan dan rehab total untuk menyesuaikan dengan prototipe bangunan puskesmas dan Kementerian Kesehatan.

” Dengan semakin meningkatnya perbaikan sarana dan prasarana kesehatan, diharapkan pelayanan kesehatan semakin berkualitas, terstandar dan terjangkau bagi seluruh masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina menjelaskan, pembangunan UPT Labkesda berasal dari DAK dengan anggaran sebesar 4,7 miliar rupiah dengan target rampung akhir tahun 2022.

” Pembangunan ini merupakan salah satu langkah nyata dari pemerintah daerah dalam merealisasikan visi misi pembangunan bidang kesehatan. Labkesda ini dapat berkontribusi pada PAD dengan target 250 juta per tahun,” ungkapnya.

Adapun UPT Labkesda ini nantinya akan melakukan pelayanan, diantaranya pelayanan laboratorium klinik, pemeriksaan narkoba, pemeriksaan kualitas air bersih atau air minum dan air limbah, serta pemeriksaan KIR kesehatan dan medical check up.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar