Webinar Literasi Digital, Awas Oknum Tak Bertanggung Jawab di Internet

452

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Siberkreasi menggelar webinar literasi Digital bertema “Amankah kita saat memasuki era digital? Pahami dengan literasi” pada, Jumat (30/07/2021) siang, dipandu moderator Amal Bastian.

Mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet adalah tujuan utama webinar yang dibuka resmi oleh Bupati Barito Kuala Noormiliyani.

Narasumber Siti Aina Putri Warsono, Humas RSI Sultan Agung Banjarbaru, membahas terkait keamanan digital. Ia menjelaskan di era yang serba digital ini, semua sudah beralih menjadi modern yakni tak perlu lagi harus datang ke kantor untuk mengurus sesuatu, cukup di rumah saja dapat mendaftarkan diri melalui teknologi digital yang tersedia.

 “ Mau daftar, mau ngurus dan segala macam udah nggak perlu lagi datang ke kantornya. Semuanya dikirim lewat online tinggal download email atau pakai formulir elektronik saja,” ujarnya.

Ia menerangkan untuk mengurus sesuatu hendaknya lebih teliti lagi serta lebih banyak membaca, agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. “Berawal dari digital serta berawal dari internet, kini marak dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan identitas seseorang,” ujarnya.

Maraknya penipuan, harus perlu disadari masyarakat agar lebih cermat mengetahui modus-modus yang ada di era digital ini. Akses internet yang semakin modern  justru harusnya menjadikan orang untuk terus berhati-hati dalam menggunakannya.

“Kita dituntut cerdas dalam menggunakannya jangan sampai asal mengisi identitas saja,” tutupnya.

Narasumber lainnya di webinar ini, ada Restu Triandy sebagai musisi dan vocalis Band RIF, Venerabella Arin presenter TV, Duta Wisata dan Duta Bahasa serta Akhmad Zubairi, S.Kom  Guru TIK SMKN 1 Marabahan Batola                                                                                            

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar