Webinar Literasi Digital, Kenali Ruang Digital dengan Literasi Tepat

226

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Kenali Ruang Digital Dengan Literasi Tepat” di Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (18/8/2021) siang, dibuka Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan dan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dipandu oleh moderator Shabrina Anwari yang menghadirkan narasumber Martin Anugrah dengan penjelasan tentang “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital.”

Martin mengatakan ada beberapa kecanduan digital yaitu, tidak bisa lepas dari gadget, social media, game online, online shop, video platform, dan pornografi.

Martin menyebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam dunia digital adalah keseimbangan.

Yaitu, hidup di dunia nyata, hargai kehidupan di sekeliling kita, dan digital seharusnya jadi cerminan kualitas hidup kita.

Diakhir penjelasannya Martin mengatakan untuk anak-anak kita, Action Speaks Louder Than Words, tindakan kita berbicara lebih keras ketimbang dari apa yang kita katakan.

Narasumber kedua yaitu Ghozy,  menjelaskan apa sih pelecehan seksual itu?

“Pelecehan seksual adalah segala tindakan seksual yang tidak diinginkan, permintaan untuk melakukan perbuatan seksual, tindakan lisan atau fisk atau isyarat yang bersifat seksual.

“Atau perilaku lain apapun yang bersifat seksual, membuat seseorang merasa tersinggung, dipermalukan dan terintimidasi,” jelasnya

Disebutkannya pelecehan seksual yang paling sering ditemukan di dunia digital yaitu, pelecehan secara verbal, dan revenge porn.

Iya juga menyebutkan kenapa pelecehan seksual dalam dunia digital kerap terjadi yaitu karena literasi digital minim, payung hukum melindungi tidak dipahami dengan baik dan anggapan bahwa korban lah yang salah.

Adapun cara mengatasinya yaitu dengan pemahaman hukum yang jelas, pemberian literasi digital yang memadai dan mulai belajar untuk berpihak kepada korban.

Rilis