Webinar Literasi Digital, Kenalkan Untuk Anak Sejak Dini

509

MARTAPURA,- Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi kali ini untuk Kabupaten Tanah Bumbu telah membahas “Mengenalkan Literasi Digital Untuk Anak Sejak Dini.”

Webinar Literasi Digital Tanah Bumbu di Kalsel langsung dibuka Samuel Abrijani Pangerapan dan Bupati Tanah Bumbu M Zairullah Azhar, Selasa (10/8/2021) serta dipandu Moderator Aulia Mawardika.

Webinar ini menghadirkan narasumber, founder hunky dory barbershop dan milenia guest house Gilang Alvianto, CEO Indonesian freelancer Muhammad Rizky Haryanto, Musisi Restu Triandy, dan Programmer Nuthfi Heryadi Anwar.

“Kita harus bisa memanfaatkan media digital ini sebagai alat komunikasi yang benar, tepat dan sesuai dengan skil agar tidak memberikan informasi yang salah,” tutur Restu Triandy.

Ia juga mengatakan, dirinya menghindari postingan yang bersifat privasi agar terhindar dari hal-hal yang negatif.

Narasumber selanjutnya Muhammad Rizky Haryanto membahas tentang nabung atau belanja online.

Di kesempatan ini Rizky memberikan rumus orang kaya, “Untuk menjadi orang kaya menurut saya pribadi ya..itu adalah pendapatan teman-teman itu di tingkatin dan pengeluaran teman-teman itu diturunin, ini paling simpel yang pernah saya baca juga dari buku dan juga dari beberapa media,” tuturnya.

Dari rumus ini seharusnya bisa mendapatkan pendapatan lebih setelah itu disisihkan sehingga bisa nabung dan juga bisa belanja online.

Gilang Alvianto memberikan pemaparan tentang dunia maya dan rekam jejak digital.

“Dunia maya dan dunia nyata adalah dua dunia yang berbeda, namun keduanya kita jalani bersamaan, karena kita hidup seperti di dua dunia, seperti ketika kita bangun pagi yang pertama kita lihat adalah handphone sehingga tanpa sadar kita juga hidup di dunia maya,” tuturnya. Untuk meninggalkan rekam jejak digital ini perlu di waspadai, ia memberikan untuk meninggalkan rekam jejak digital yang baik yaitu ada 3M:

  1. Mengunggah Konten dan Komentar Positif.
  2. Memutus Tali Hoax.
  3. Menjaga Penyebaran Data Diri.

Adapun manfaat rekam jejak digital yang baik yaitu, menciptakan branding, memperluas koneksi, dan membuka peluang bisnis.

Narasumber terakhir Nuthfi Heryadi Anwar menjelaskan Perbedaan Hacker dan Cracker,

Dari segi definisi hacker adalah seorang yang memiliki kemampuan atau kelebihan mengulik komputer dan juga jaringan komputer namun tidak merusaknya, sedangkan Cracker diartikan dengan seseorang yang memiliki kecenderungan untuk merusak sistem atau jaringan komputer yang sudah dia retas.

“Jadi cracker lebih memiliki niat yang negatif jika dibandingkan dengan hacker, tak jarang para cracker doyan untuk mengambil berbagai informasi rahasia untuk kepentingan yang tidak baik.” ucapnya.

Adapun tujuan dari hacker dan cracker itu berbeda, hacker memiliki tujuan untuk memperbaiki sistem komputer yang rusak, meluruskan dan mengamankan dari hal-hal negatif yang mungkin terjadi dalam sebuah sistem komputer. Membuat sistem keamanan lebih terjaga dari para cracker.

Tujuan cracker meretas komputer dengan tujuan untuk mencuri informasi, data, foto, atau hal negatif lainnya, mereka tidak akan peduli bahwa perbuatannya ilegal dan melanggar hukum.

Rilis