Webinar Literasi Digital, Menjadi Pengguna Internet Sisi Positif

378

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) meluncurkan program Literasi Digital Nasional untuk wilayah Kabupaten Balangan Provinsi Kalsel, Rabu ( 17/11/21) pagi dengan tema “Selimuti Diri Dengan Keempat Pilar Literasi Digital”

Salah satu narasumber M. Syafiq menjelaskan definisi tentang internet adalah suatu jaringan komunikasi yang terhubung antara suatu jaringan dengan jaringan lainnya dengan cepat dan tepat, jaringan komunikasi tersebut akan menyampaikan informasi melalui transmisi sinyal atau frekuensi yang telah disesuaikan.

“Zaman sekarang ini internet sangat penting sekali, untuk suatu aktifitas kita di luar sana, apalagi pada masa Pademi seperti ini, kita sangat membutuhkan sekali internet untuk wadah mencari informasi dan sangat membantu,” ujar Syafiq.

“Di Indonesia merupakan pengguna internet terbanyak urutan ketiga di Asia, kemudian internet juga mempunyai banyak manfaat dikehidupan sehari – hari, diantaranya manfaat pada bidang bisnis, industri kreatif lainnya, ketika kita membuka bisnis maka lebih efektif jika menggunakan media internet, kemudian juga internet memberikan manfaat di bidang pendidikan dimana seperti kita ketahui banyak metode pembelajaran online selama masa pendemi”jelasnya.

“Tapi kita jangan sampai lengah dan mengambil seluruh informasi yang ada di internet harus kita cerna dan pilah kembali mana yang baik dan memberikan sisi positif serta memberikan manfaat bagi kita” ungkapnya.

Kemudian Rofikatul Qarimah menjelaskan internet yang memiliki sisi positif dan negatif maka perlu peningkatan pada pola pikir ketika menggunakan internet untuk meningkatkan kecakapan digital di dunia internet.

“Kemudian teknologi dalam pengelolaan informasi dalam bentuk digital dengan kecakapan digital maka kita akan bisa membuat konten yang positif, ada hal yang bisa dilakukan di dunia maya diantaranya bisa berkompetisi di dunia digital dan peningkatan kualitas diri,” pungkasnya.

Webinar Literasi Digital bersama Kominfo RI dengan menghadirkan
KEYNOTE SPEECH H. Supian Wakil Bupati Balangan, Moderator Ovi Darin, Key Opinion Leader Nadya Diptya – MC, Singer, & Announcer NARASUMBER:
1. M. Syaqif Co Founder Pemikirancu
2.Rofikatul Karimah, Widyaiswara Kemenag
3. Handy Priya Utama Guru.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar