Webinar Literasi Digital, Tingkat Kesopanan Masyarakat Indonesia Bersosmed Terendah se Asia Tenggara

557

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar Webinar Literasi Digital kali ini dengan tema “Bijak Berinternet Jangan Asal Sebar “untuk wilayah Banjarbaru Kalimantan Selatan Sabtu ( 23/10/21) pagi.

Salah satu narasumber Yolanda Presiana Desi menjelaskan, saat ini rata-rata masyarakat Indonesia hampir 9 jam setiap hari menggunakan gedget dan lebih dari 3 jam digunakan di sosmed, itu lamanya lebih dari durasi masyarakat global, tentu ini merupakan waktu yang lama dari keseharian.

“Pertanyaannya sekarang, apakah dari durasi 9 jam tadi kita sudah menggunakannya dengan baik? maka kita diharuskan memahami Literasi Digital dalam berinternet, karena faktanya ada survei yang menyebutkan jika sosmed adalah tempat penyebaran hoax paling tinggi dibandingkan media lainnya” ungkap Yolanda.

“Sungguh miris juga karena dari hasil survei Microsoft menyebutkan jika masyarakat Indonesia merupakan pengguna sosmed dengan tingkat kesopanan yang paling rendah di Asia Tenggara. Ini berbanding terbalik di survei lain mengatakan, masyarakat Indonesia itu sopan, berubudaya, nah kenapa itu bisa terjadi? bisa dikarenakan meningkatnya hoax yang bertebaran di sosmed,”jelasnya

Ia juga menyebut hasil survei Facebook menjadi media terbesar di Indonesia yang menjadi tempat penyebaran informasi hoax. Maka dari itu ia mengajak peserta untuj bijakketika bersosmed, saring sebelum sharing, cari data kebenaran sebuah informasi, jangan ikut memberikan komentar pada sebuah unggahan yang tidak jelas, dan perbanyak mencari fakta dari kebenaran berita, palagi jika hanya postingan dari satu orang tanpa menyebutkan sumbernya.

Webinar Literasi Digital bersama Kominfo RI wilayah Banjarbaru dengan : KEYNOTE SPEECH Wartono Wakil Walikota Banjarbaru
Moderator Ronald Andretti ,Key Opinion Leader Muhammad Faisal – Enterpreneur
NARASUMBER:
1.Radli Kurniawan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru
2. Yolanda Presiana Desi,Sekolah Tinggi Multimedia, JAPELIDI
3. Didin Iis Wahyu Wabibah, Guru SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar