Wujud Syukur, Petani di Kelampaian Ulu Gelar Selamatan Padang

364

MARTAPURA,- Masyarakat Indonesia terkenal dengan berbagai macam ibadah atau budaya untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas keberkahan yang telah dikaruniai.

Salah satunya dengan melakukan selamatan, seperti yang dilaksanakan warga Desa Kelampaian Ulu Kecamatan Astambul Kqbupaten Banjar menggelar Selamatan Padang memasuki musim katam, Jum’at (22/7/2022) siang.

Tempat pelaksanaan selamatan ini cukup unik karena berada di tengah padang (persawahan) dengan rangkaian acara lantunan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Maulid Habsyi serta pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani oleh Ustadz Akhmad Syajali dari Pematang Danau.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie mengatakan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat berperan bagi kelangsungan dan kemaslahatan masyarakat.

” Kepada Dinas Pertanian khususnya rekan-rekan petugas penyuluh pertanian agar terus melakukan pendampingan, pembinaan dan fasilitasi kepada para petani disini,” pintanya.

Habib Idrus juga mendoakan saat musim katam ini, petani diberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan dan mendapatkan hasil panen yang baik dan melimpah.

Pemilik lahan Juli Akli menyampaikan lahan pribadi yang dimiliki seluas 15 borongan dengan jenis siam Banjar.

Ia menyebut tradisi tersebut adalah yang ke 10 semenjak tahun 2013 lalu. Hingga kini  masih dilaksanakan turun temurun tiap tahunnya.

“Semoga tahun akan datang Selamatan Padang akan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” harap Akli.

Selamatan padang sebagai wujud syukur terhadap sang pencipta ini juga dihadiri Camat Astambul Ahmad Fauzi, unsur Forkopimcam, Pambakal Kelampaian Ulu Ahyar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan petani setempat.

Reporter : Rifki Zidane
Editor : Ronny Lattar