Susun Program Kerja Tahunan, Dekranas Gelar Rakernas

409

MARTAPURA,- Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas ) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021 melalui Zoom Meeting yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dan diikuti oleh Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian, Pengurus Dekranas, Sesepuh Dekranas, Anggota Dewan Kehormatan, Para Pejabat Eselon I dan II dilingkungan Kementrian/Lembaga Dekranas, para Ketua dan pengurus Dekranasda Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Para Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag ) Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Rakernas yang bertujuan menyusun program Kerja Tahun 2021 yang akan dijadikan pedoman bagi pelaksanaan kegiatan organisasi Dekranas dan Dekranasda selama satu tahun kedepan ini, juga di ikuti Dekranasda Kabupaten Banjar, diwakili oleh Kepala Disperindag Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati, di Command Center Barokah Martapura, Rabu ( 03/03 ) siang.

Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin menyambut gembira Rakernas yang bersamaan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun ke 41 Dekranas dengan mengusung tema Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju. Menurutnya, tema ini mengandung makna bahwa Dekranas diharapkan selalu menjadi wadah pembinaan pelaku usaha UMKM/IKM khususnya sektor kerajinan agar dapat kembali bangkit dimasa pandemi, serta dapat terus berkreasi dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para perajin.

Lebih jauh dikatakannya, pada prinsipnya arah kebijakan Dekranas dalam menyusun dan melaksanakan program-program kegiatan bertumpu pada beberapa hal. Diantaranya, menyiapkan regenerasi SDM yang unggul dalam melestarikan dan mengembangkan warisan dan tradisi budaya bangsa, dapat meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi, desain, kreativitas dan efesiensi, meningkatkan kemitraan dan kerjasama dengan lembaga Nasional dan Internasional, mendorong perluasan akses pasar bagi produk, serta membangun ekosistem industri kerajinan melalui penguatan potensi kerajinan Indonesia.

Dirinya berharap adanya rakernas ini, benar-benar bisa menyatukan pemahaman, langkah dan tindakan agar program Dekranas dapat dilaksanakan lebih baik lagi tahun ini dan tahun mendatang.

” Semoga Kita diberi kekuatan dan kesehatan untuk terus membangun negeri ini dengan melestarikan serta mengembangkan produk kerajinan berbasis sumber daya alam, tradisi dan warisan budaya Indonesia yang sama-sama kita banggakan,” ucapnya.

Rakernas ini di isi dengan pemaparan dari para Ketua Bidang Dekranas serta pelantikan beberapa Ketua Dekranasda Provinsi oleh Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin yang ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar