Bupati Banjar Raih Penghargaan Lencana Bakti Desa Pertama Dari Menteri Desa PDTT RI

MARTAPURA,- Bupati Banjar H Saidi Mansyur dapatkan penghargaan Lencana Bakti Desa Pertama dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi RI Abdul Halim Iskandar, saat apel peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Rabu (12/8/2024) pagi.

Penghargaan diberikan atas komitmen dan kerja kerasnya dalam mendorong percepatan pembangunan desa sehingga seluruh desa di Kabupaten Banjar mencapai status mandiri, maju dan berkembang.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) H Syahrialuddin mengatakan, bersyukur atas raihan penghargaan tersebut.

Dikatakan, pada awal tahun jabatan Bupati Banjar Saidi Mansyur yakni tahun 2020, data desa sangat tertinggal di Kabupaten Banjar masih ada 3 dan desa tertinggal sebanyak 49. Sementara desa mandiri masih belum ada.

“Kita ketinggalan dengan daerah lain,” ujarnya.

Melihat akan hal itu, pihaknya akhirnya membuat komitmen bersama dengan Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan para kepala SKPD untuk menaikkan Indek Desa Membangun (IDM).

“Selama 3 tahun kita menggarap komitmen ini, sekarang alhamdulillah desa sangat tertinggal sudah tidak ada, desa tertinggal juga tidak ada dan desa mandiri ada 86,” ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, raihan penghargaan tersebut tidak terlepas dari strategi yang dilakukan oleh Pemkab Banjar yakni masing-masing SKPD mengarahkan programnya di desa dimaksud.

“Dilhat apa yang tertinggal di desa itu, kalau ada infrastruktur yang tertinggal, berarti itu masalahnya. Kita lihat halnya apa, itu yang kita angkat sehingga bisa mendongkrak nilainya,”  katanya.

Selain itu lanjut Sahrial pihaknya juga melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan terhadap desa bersangkutan.

“Ya alhamdulillah penghargaan ini spesial untuk beliau. Mudah-mudahan ke depannya desa-desa yang ada ini bisa menuju desa mandiri semuanya,” harapnya.

 

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Program YESS, Bupati Saidi Mansyur Terus Kawal Petani Millenial Dalam Berkarya

Bupati Saidi Mansyur Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Darussalam

Perangi Angka Stunting, Gemar Makan Ikan Disosialisasikan di Desa Kaliukan