Antisipasi Bencana di Musim Hujan, Pemkab Banjar Gelar Rakoor

47

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) Antipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir, Cuaca Ekstrem, Gelombang Pasang (ROB), Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor Kabupaten Banjar Tahun 2023, di Aula Barakat Kantor Bupati Banjar, Martapura, Selasa (28/11/2023) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Mada Taruna mengatakan, Kabupaten Banjar merupakan salah satu wilayah di Kalimantan Selatan yang tingkat kerawanan terjadinya bencana Hidrometeorologi cukup tinggi terutama banjir, Rob, angin puting beliung dan tanah longsor.

“Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa sejak Oktober 2023 wilayah Provinsi Kalsel khususnya Kabupaten Banjar telah memasuki musim hujan,” ucap Mada.

Ia berharap informasi mengenai prakiraan curah hujan kedepan, keadaan muka air Waduk Riam Kanan, Daerah Alisan Sungai (DAS) Riam Kiwa, Sungai Martapura serta gelombang pasang air laut di wilayah Kabupaten Banjar lainnya dapat memberikan gambaran apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh bencana.

” Saya mengharapkan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Banjar untuk bersatu padu dengan semangat gotong royong bahu membahu, sehingga dapat menangani kejadian bencana dengan cepat, tepat dan menyentuh rakyat,” harapnya.

Rakoor ini diisi dengan pemaparan materi dari BMKG Provinsi Kalsel, BMKG Banjarmasin, Polres Banjar, Kodim 1006 dan BPBD Banjar serta diskusi dan tanya jawab.

Turut hadir perwakilan Polres dan Kodim 1006, Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita, para Kepala SKPD, perwakilan Kalak BPBD Kalsel, Kepala Basarnas Banjarmasin, para Kapolsek di wilayah hukum Polres Banjar, Danramil, para camat, relawan kebencanaan dan sejumlah undangan.

 

 

Reporter : Rif’ah

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra