Bahan Baku Melimpah, Ibu-Ibu Kreatif Bikin Olahan Nila

68

KARANG INTAN,- Sejumlah ibu-ibu di desa Awang Bangkal Barat, Kecamatan Karang Intan cukup kreatif dalam mengolah panganan ikan nila. Bahan baku ikan nila yang melimpah di desa tersebut diolah menjadi ikan nila presto yang sangat enak.

Hal ini tampak saat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan pengolahan pangan lokal, di desa tersebut Rabu (22/11/2023).


Pengolahan ikan nila presto lantaran di kawasan tersebut banyak terdapat budidaya ikan nila di jala apung.
Selain menjual ikan nila dalam bentuk segar masyarakatnya juga bisa mengolah ikan nila menjadi ikan nila presto tulang lunak.

Menurut Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Perikanan DKPP Kabupaten Banjar Muhammad Hamdani, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kreativitas para ibu dalam memanfaatkan pangan lokal yang melimpah di desa.


“ Selain untuk menambah perekonomian masyarakat juga untuk memenuhi kebutuhan gizi berupa protein hewani bagi masyarakat,” ujarnya.

Kepala Desa Awang Bangkal Barat Pajrul Rifani menyatakan, kegiatan seperti ini sangat diperlukan wargamya. Apalagi di desanya terkenal dengan penghasil ikan nila yang memasok keperluan ikan di Kabupaten Banjar. Diharapkan ke depannya bisa mengembangkan olahan ikan presto menjadi ikon baru di desa tersebut.

Rilis : Hamdani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra