Berita

Berhasil Terapkan Pemanfaatan SPLP, Pemkab Banjar Raih Penghargaan Nasional  

JAKARTA,- Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih peringkat kedua penghargaan dari Kementerian Kominfo RI sebagai pemerintah daerah yang berhasil menerapkan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP) dalam acara Rakornas urusan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Nasional).

SPLP sendiri merupakan infrastruktur SPBE yang berfungsi sebagai perangkat integrasi yang terhubung dengan sistem penghubung layanan instansi pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan pertukaran layanan SPBE antar instansi pusat dan/atau pemerintah daerah.

Penghargaan diserahkah langsung oleh Irjen Kominfo Dr Arief Tri Hardiyanto dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar HM Aidil Basith mewakili Bupati Banjar, di Hotel Mulia Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023) pagi.

Pemkab Banjar berhasil meraih penghargaan itu berkat sebagian perangkat daerah sudah memiliki API (Application Programming Interface) yang tersedia di Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP), yang merupakan sistem untuk mendukung interoperabilitas data antar layanan pemerintah berskala nasional.

Mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM Aidil Basith didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Cornelius Kristiyanto mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan pengakuan dari Kemenkominfo RI terhadap kinerja Kabupaten Banjar dalam hal integrasi dan pertukaran data aplikasi.

Aidil Basith Berharap, adanya penghargaan ini semakin memacu dan menambah aplikasi-aplikasi di Kabupaten Banjar untuk dapat terintegrasi agar  pertukaran data dan berbagi pakai antar sistem elektronik semakin menyeluruh sehingga meningkatkan layanan kepada publik ataupun pemerintah.

Adapun peringkat pertama dan ketiga, masing-masing diraih Kabupaten Rembang dan Kabupaten Bojonegoro.

 

Rilis : Tim
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Peringati Isra Mikraj, Saidi Mansyur : Bekerja dan Berkarya Dengan Niat Ibadah

Radio Suara Banjar

Razia Gabungan Dikamar Hunian WBP, Ini Benda Yang Ditemukan 

Radio Suara Banjar

Puncak Harjad 73, Gubernur Harapkan Banjar Tambah Maju dan Berkelanjutan 

Radio Suara Banjar