BNPB Salurkan Bantuan Banjir

119

MARTAPURA,- Anggota Komisi VIII DPR RI Syaifullah Tamliha dan Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat (DID) BNPB Zainal Arifin lakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Banjar, diterima oleh Bupati H Saidi Mansyur, di Mahligai Sultan Adam Lantai I Martapura, Senin (27/2/2022) sore.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka penyerahan bantuan dana yang diterima simbolis oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur.  Dua paket bantuan yang diserahkan, yakni bantuan dana siap pakai Rp 250 juta untuk penanganan darurat bencana banjir. Bantuan paket logistik Rp 100 juta untuk penanganan darurat bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

Bupati Banjar sendiri sampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan bagi masyarakatnya yang terdampak banjir.


Syaifullah Tamliha mengatakan, bantuan melalui BNPB tersebut untuk masyarakat Kabupaten Banjar yang selalu terkena dampak dari banjir, terlebih hari ini statusnya sudah ditetapkan tanggap darurat bencana.

“BNPB kita dorong untuk memberikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak,” ucapnya.


Ia menambahkan, pembenahan Waduk Riam Kiwa juga akan dilakukan guna mengurangi dampak dari banjir.

“Insyaallah tender antara Maret dan April ini, paling tidak bisa mengurangi 70 persen air yang menggenangi jalan dan rumah, air akan turun ke sungai,” ucapnya.

 

Sementara terkait masih panjangnya rentang waktu intensitas hujan yang diprediksi oleh BMKG hingga Mei mendatang, Direktur DID BNPB Zainal Arifin menyebut status daruratnya bisa diperpanjang dan pihaknya akan memberikan bantuan-bantuan lainnya jika memang diperlukan.

 

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra