Bunda PAUD Banjar Sosialisasikan Transisi PAUD ke SD   

92

MARTAPURA,- Sosialisasi wajib Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) satu tahun pra SD tingkat Kabupaten Banjar resmi dibuka oleh Bunda PAUD Hj Nurgita Tiyas di TK Al Mansyur, Kecamatan Sambung Makmur, Senin (4/9/2023) pagi.

 

Nurgita Tiyas menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Dikatakan, masa transisi adalah masa peralihan dari anak-anak PAUD dan TK dengan aktivitas belajar sambil bermain berpindah ke SD dengan praktik, baca, tulis dan menghitung (calistung).

“Padahal anak-anak kita diusia golden eight dari 1-8 tahun belum diperbolehkan untuk sukses dan lancar dalam calistung melainkan untuk mengenal dan mengetahui saja,” ujarnya.

Nurgita menyebut peran bunda-bunda PAUD sejauh ini sudah sangat berhasil menciptakan situasi dan suasana belajar yang menyenangkan. Ia menangguhkan bagi anak kelas 1 dan 2 SD belum boleh dibebankan Pekerjaan Rumah (PR) dan wajib calistung sehingga tidak memunculkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti trauma.

“Ada anak yang merasa dibully karena sebagian dari teman-temannya sudah lancar calistung tetapi yang satunya belum dan terlebih lagi ketemu dengan guru yang belum memahami bagaimana transisi PAUD ke SD yang menyenangkan sehingga kegiatan seperti dikte, membaca dengan pemisahan huruf seharusnya diterima anak pada kelas 1 dan 2,” ungkap Bunda PAUD Banjar.

Ia juga berpesan kepada Bunda PAUD kecamatan untuk mensosialisasikan dan mengawasi terlaksananya pendidikan anak-anak di TK dan SD di desa masing-masing.

Dalam hal ini Bunda PAUD hadir bersama Dinas Pertanian memberikan makanan tambahan berupa susu, telur dan kandungan gizi yang baik lainnya untuk dapat menghindari atensi terhadap penurunan stunting. Bantuan dari pihak Alfamart berupa laptop dan fasilitas lainnya untuk digunakan dan dijaga agar dapat membuat renstra kegiatan perbulan dan pertahun sehingga bisa dilaporkan secara berjenjang.

 

Kegiatan diikuti Bunda PAUD dua kecamatan dan desa yakni Kecamatan Sambung Makmur dan Pengaron. Dihadiri Camat Sambung Makmur, Sekretaris Disdik dan Distan, Himpaudi, Korwil, Pengurus Gugus PAUD, Pengawas SD serta sejumlah undangan.

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra