Berita

Bupati Banjar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura Jumat (10/11)2023) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang menjadi Inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini. Dikatakan hari pahlawan ke-78 diperingati dengan mengusung tema Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan. Tema yang diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.


” Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” kata Saidi.

Saidi menjelaskan, semangat untuk memberantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya diseluruh pelosok negeri.


“Semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik,” jelasnya.

Dalam upacara yang berlangsung hikmat tersebut juga dibacakan pesan-pesan pahlawan oleh salah seorang pejuang veteran Martono. Diantaranya pesan dari Soekarno, Mohammad Hatta, Jenderal Sudirman dan Ki Hadjar Dewantara.


Turut hadir pada upacara ini unsur Forkopimda, Sekda Banjar HM Hilman, para asisten dan staf ahli, Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Banjar, TNI/Polri, para pejuang veteran, sejumlah ASN serta pelajar SMP dan SMA sederajat.

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Murung Kenanga Tergenang

Radio Suara Banjar

Nihil Positif Covid-19, Operasi Yustisi Tetap Jalan

Radio Suara Banjar

Masyarakat Banjar Antusias Lihat Pawai Ta’aruf

Radio Suara Banjar