Dinkes Banjar Pastikan Layanan Kesehatan Berjalan

135

MARTAPURA,- Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar klarifikasi terkait pemberitaan warga meminta sumbangan untuk beli salep di daerah terdampak banjir, padahal Dinas Kesehatan melalui Tim Puskesmas setempat aktif menjadwalkan kegiatan pelayanan kesehatan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) pada Dinkes Banjar Subehan melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (07/03/2023) pagi menyebut, pihaknya melalui bidan desa aktif memberikan pelayanan kesehatan dan pembagian salep kulit untuk mengobati kutu air.

Subehan menambahkan, informasi dari Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina terkait persedian obat salep kulit untuk antisipasi dampak bencana banjir selama tanggap darurat masih tersedia di Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK), salep 24 masih tersedia 3.210 tube dan Miconazole 16.296 tube.

“Stok obat kulit untuk banjir di Dinkes, masih banyak dan terus disalurkan kemudian di daerah tersebut juga sudah dilakukan pelayanan kesehatan serta pembagian salep kulitnya,” tulisnya.

Untuk daerah yang masih belum terakomodir pelayanan kesehatan termasuk salep kulit dimaksud oleh puskesmas, tim kesehatan kabupaten siap memback up kelapangan.

Foto dalam pemberitaan diketahui di Sungai Rangas Ulu Kecamatan Martapura Barat, dijelaskan bahwa pelayanan kesehatan disana dilakukan 3 Maret 2023, oleh bidan desa (istri polisi) yang bertugas posisi stanby dan bermukim di desa setempat, selalu aktif membantu warga memberikan pelayanan kesehatan juga bagi warga terdampak banjir.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra