Disdik Banjar Telah Usulkan Anggaran Renovasi SDN Sungai Pinang Baru 2

109

MARTAPURA,- Pemberitaan tentang sarana prasarana pendidikan yaitu SDN Sungai Pinang Baru 2 Kecamatan Sungai Tabuk yang kondisi bangunannya mengalami kerusakan mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar Liana Penny melalui pesan WhatsApp, Senin (31/07/2023) siang.

Menurut Liana Penny SDN Sungai Pinang Baru 2 Kecamatan Sungai Tabuk merupakan sekolah yang berada di perbatasan Kabupaten Banjar dengan Marabahan Kabupaten Barito Kuala, yang memiliki 46 (empat puluh enam) siswa dengan jumlah 6 (enam) rombongan belajar.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar telah melakukan beberapa kali intervensi terhadap pelaksanaan pembangunan maupun rehabilitasi, diantaranya rehabilitasi kelas pada tahun 2017 yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Banjar dan juga telah diberikan bantuan meja kursi untuk kegiatan pembelajaran pada tahun 2020,” jelasnya.

Ia menjelaskan, bangunan sekolah tersebut berada di lahan/tanah rawa yang secara teknis penanganan struktur untuk bangunan memerlukan biaya yang lebih besar dibandingkan bangunan lain yang berada di tanah keras.


” Kerusakan bangunan sekolah salah satunya disebabkan oleh banjir besar yang melanda Kabupaten Banjar pada tahun 2020, banyak sekolah yang terdampak ditambah lagi bencana nasional non alam Covid-19 yang menyebabkan konsentrasi pemerintah pusat beralih untuk penanggulangan Covid-19. Banyak anggaran pemerintah daerah yang harus dialihkan atau refocusing untuk menanggulangi Covid- 19″ tambah Liana.

Dirinya menegaskan, Disdik Banjar selalu berkomitmen dalam penuntasan pemenuhan sarana prasana sekolah dengan tetap mengedepankan skala prioritas berupa tingkat kerusakan bangunan, standar jumlah prasarana, daerah 3T (Terjauh, Terluar dan Tertinggal) dan peningkatan anak usia sekolah di wilayah tersebut.

Setiap tahun secara simultan lanjutnya, Disdik Banjar juga melakukan pengajuan usul bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk program penuntasan/revitalisasi melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui data Dapodik sekolah, hal ini merupakan bukti upaya Disdik menangani pemenuhan standar sarana dan prasarana sekolah dasar.

SDN Sungai Pinang Baru 2 juga telah mengajukan usul perbaikan diantaranya adalah rehab ruang kelas dan pembangunan toilet/WC. Tahun ini diusulkan rehabilitasi sedang ruang kelas melalui APBD perubahan serta pembangunan toilet/WC pada tahun 2024 melalui APBD Kabupaten Banjar.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra