DPKP Banjar Latih Petugas Lapas Karang Intan

283

KARANG INTAN,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, selenggarakan pembinaan fisik mental dan disiplin (FMD) bagi petugas dengan materi pelatihan pencegahan dan simulasi penanggulangan kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kabakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar di lapangan dalam Lapas, Jum’at (26/8/22).

Kepala Seksi Damkar Banjar H Sofyan bersama 10 (sepuluh) anggotanya hadir untuk berikan materi kepada petugas lapas dan dibuka Kepala Lapas Wahyu Susetyo.

Wahyu Susetyo menyampaikan, tujuan pelatihan ini agar petugas menguasai tindakan kesiapsiagaan ketika menghadapi musibah bencana kebakaran di Lapas.

“ Memberikan pengetahuan berkaitan pengendalian bencana yang bisa saja terjadi terutama kebakaran, kita mengendalikan risiko agar semua aman'”

Wahyu juga meminta kepada petugas lapas agar serius dan seksama dalam menerima materi, agar mumpuni dalam kesiapsiagaan melaksanakan tugas.

Kegiatan diawali penyampaian materi oleh Rizki salah seorang anggota DPKP Banjar mengenai pengenalan kelas dan sumber api serta jenis alat pemadam api ringan (APAR) sesuai dengan kelas api yang ada. Selain itu juga mengenai perawatan APAR dan penggunaannya.

“Cara mengangkat tabung ada tiga, pertama dijinjing kemudian digendung seperti menggendong bayi dan terakhir dipikul, cara membawa ini disesuaikan dengan pintu yang akan dilewati. Untuk perawatan APAR sendiri kalo bisa seminggu sekali, atau setidaknya sebulan sekali,” jelas Rizki.

Petugas Lapas Narkotika Karang Intan antusias menyimak materi dan praktik. Petugas juga diminta memadamkan api pada tong besi yang sedang menyala.

Kegiatan dilanjutkan simulai pemadaman kebakaran jika terjadi musibah di blok hunian, apa saja yang harus dilakukan untuk penanganan kejadian, pengamanan lingkungan hingga evakuasi dan pendataan korban kebakaran.

Rilis
Editor : Ronny Lattar