Ikuti Seleksi Paskibraka 2024, Pendaftaran Tinggal 11 Hari Lagi

53

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Kesbangpol membuka kesempatan seluas luasnya kepada pelajar SLTA sederajat khususnya kelas X (sepuluh) untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024.

Kepala Bidang Idealogi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Kesbangpol Kabupaten Banjar saat gelaran talkshow di Radio Suara Banjar, Senin (12/2/2024) pagi  mengatakan, saat ini pendaftaran sudah dibuka secara online dan calon peserta bisa mengksesnya melalui aplikasi Paskibraka.bpip.go.id yang sudah dibuka sejak 6 hingga 23 Februari 2024.

“Bisa mengaksesnya dan semua persyaratan sudah ada tercantum disana. Ada 6 macam yang perlu diupload, kartu keluarga, surat izin sekolah, surat izin orang tua, surat penyataan pemeriksaan kesehatan, laporan raport terakhir dan surat keterangan sehat,” rincinya.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait hal tersebut kepada 64 perwakilan sekolah yang ada di Kabupaten Banjar, agar tiap sekolah bisa mengirimkan perwakilannya dalam seleksi yang bakal meloloskan sebanyak 33 pelajar terbaik tersebut.

Seleksi tersebut juga akan mengirimkan perwakilan Kabupaten Banjar ke tingkat provinsi untuk digodok kembali. Selanjutnya 3 pasang putera puteri asal Kalsel dikirim ke tingkat nasional guna seleksi lagi untuk memastikan 2 pelajar yang masuk sebagai Paskibraka di istana negara 17 Agustus mendatang.

“Pesyaratan mutlak tinggi badan putera 170 cm – 180 cm. Kalau puteri 165 cm – 175 cm,” ujarnya.

Talkshow juga menghadirkan Azhar Khaitamy, anggota Paskibraka nasional tahun 2021 sekaligus Purna Paskibra Duta Pancasila. Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Bahasa Arab Cindai Alus Martapura tersebut tidak menyangka jika dirinya yang dikirim ke tingkat provinsi terpilih kembali secara langsung untuk mewakili Kalsel di tingkat nasional, lantaran peserta lainnya tak kalah cerdas dan bagus.

“Peserta seleksi pintar-pintar dan bagus-bagus. Saat itu yang dari pusat mereka yang datang ke provinsi dan pilih langsung, 1 putera dan 1 puteri,” cerita Azhar yang memang sejak SMP sudah bercita-cita menjadi anggota Paskibraka.

Pria dengan tinggi badan 180 cm ini juga mengajak pelajar yang ingin menjadi anggota Paskibraka agar jangan ragu-ragu untuk segera mendaftarkan diri yang waktunya tinggal 11 hari lagi.

“Ikuti ajang ini, karena ini satu kali dalam seumur hidup. Yang ragu yakinkan diri, persiapkan dengan matang, coba, apapun hasilnya itu belakangan, yang penting kita sudah mencoba nanti ada hikmah yang kita dapatkan,” tutupnya.

 

Reporter : Bagus F

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra