Karhutla di Desa Jingah Ilir Habang, Tim Gabungan Terkendala Akses

32

KARANG INTAN,- Menerima laporan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan, tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar langsung ke lokasi untuk melakukan penanganan, Selasa (3/10/2023) sore.

Karhutla yang membakar semak belukar dan pepohonan tersebut ditangani oleh tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI, EBR, RAPI dan PMI dengan sarana yang sudah disiapkan termasuk 2 unit truk tangki.

Tidak hanya tim gabungan sejumlah warga setempat yang memiliki lahan perkebunan dekat dengan lahan yang terbakar juga ikut lakukan penanganan dengan cara manual.


Salah seorang warga Toha, yang melaporkan terjadinya karhutla, sampaikan terima kasihnya kepada BPBD Banjar yang telah merespon cepat laporannya. Karena kebun bunga kenanga miliknya dan kebun sayur milik sang paman selamat dari amukan api.

“Alhamdulillah selamat, karena apinya dipadamkan oleh teman-teman dari BPBD,” ucapnya.

Usai penanganan di Desa Jingah Jabang Ilir tersebut tim gabungan kembali menangani kobaran api pada lahan yang berada di sebelahnya yakni Desa Jingah Habang Ulu. Penanganan karhutla di perbatasan dua desa tersebut berlangsung sekitar 2 jam dengan luasan lahan terbakar sekitar 1 hektare.

” Aksesnya, kita kesulitan masuk kesini, sempat mutar-mutar, untung ada warga yang bantu,” ucap Rifky personel BPBD Banjar.


Meski sudah padam, tim gabungan yang sudah balik kanan ke posko, sekitar 1 jam kemudian kembali mendapatkan laporan karhutla di lokasi yang sama. Api yang berkobar kembali pada malam hari tersebut, menambah luasan lahan yang terbakar, yakni  bertambah sekitar 2 hektare.

Karhutla juga terjadi di 2 desa lainnya, yakni Desa Sungai Rangas Ulu RT 01 Kecamatan Martapura Barat dan Desa Indrasari Kecamatan Martapura. Di dua desa tersebut lahan yang terbakar masing-masing 2 dan 0,1 hektare.

Reporter : Andri
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra