apiBerita

Karhutla di Empat Desa, Total 23,5 Hektare Lahan Hangus

GAMBUT,- Tim gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Manggala Agni Daops Banjar, PMI, TNI, Polri, BPK swasta, relawan dan warga setempat berjibaku lakukan penanganan terhadap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut, Jumat  (22/9/2023) siang.

 

Api yang membakar semak belukar dan pepohonan tersebut ditangani oleh tim gabungan sejak pukul 15.00 Wita. Api yang menyebar karena tiupan angin cukup kencang, membuat proses pemadaman berlangsung cukup lama.

Menggunakan sarana 1 mobil pick up, 1 mobil truk tangki dan 4 rol selang, tim gabungan berhasil memadamkan api sekitar pukul 18.40 Wita atau hampir 4 jam penanganan.
Luasan lahan yang terbakar di desa tersebut sekitar 13 hektare.


Pada waktu bersamaan karhutla juga terjadi di tiga desa, yakni Desa Antasan Sutun Kecamatan Martapura Barat, Desa Mandiangin Barat dan Padang Panjang Kecamatan Karang intan.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Warsita menyebut tim gabungan juga melakukan penanganan di tiga desa dimaksud.

Vegetasi yang terbakar di Antasan Sutun adalah semak belukar, dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektare.

” Sementara di dua desa di Karang Intan sekitar 9 hektare totalnya, semak belukar dan kebun karet yang terbakar. Kita tim gabungan juga dibantu oleh warga pemilik kebun dan aparat desa setempat,” rinci Warsita.

Reporter : Paris
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Saubari Nor Asal Breman Sungai Sipai, Rajai Lomba Mamair di Martapura

Radio Suara Banjar

FJB Silaturrahmi ke Bupati Banjar

Radio Suara Banjar

TPID Banjar Pantau Stok dan Harga di Pasar Kertak Hanyar

Radio Suara Banjar