Kemendagri Gelar Rakoor Langkah Konkrit Pengendalian Inflasi

106

MARTAPURA,- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi pembahasan langkah Konkrit Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2023, diikuti Pemerintah Kabupaten Banjar Plh Sekda Banjar Ikhwansyah didampingi beberapa Kepala SKPD dan unsur Forkopimda secara virtual di Command Center Martapura, Senin (27/3/2023) pagi.

 

Mendagri Tito Karnavian menjelaskan terkait Surat Edaran Mendagri mengenai buka bersama yang dilarang adalah buka bersama pejabat beserta ASN dan staf.

“Alasan utama dari peniadaan bukber pejabat dan ASN/staf lebih kepada sampai tidak berempati kepada masyarakat yang tidak mampu seperti makan besar dan bermewah-mewah menimbulkan kecemburuan sosial masyarakat,” jelasnya.

 

Memasuki bulan Ramadan ini dikatakannya terjadi kenaikan harga bahan pokok yaitu komoditas cabai merah, bawang putih, telur ayam ras dan daging ayam ras, serta yang masih menjadi perhatian pemerintah yaitu minyak goreng dan beras SPHP.

“Memasuki bulan Ramadan diantisipasi harga bapok yang mengalami spontanitas kenaikan harga karena meningkatnya permintaan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, bahan pokok cukup dan untuk komoditi yang harganya cenderung stabil yaitu gula pasir, kedelai, tepung terigu dan minyak goreng curah.

 

Narasumber rakoor diantaranya dari Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa Pudji Ismartini menyampaikan mengenai perkembangan harga memasuki bulan Ramadan dan Plt Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional  Sarwo Edhy terkait ketersediaan dan stabilisasi pangan pada masa HBKN Puasa dan Idul Fitri 2023.

 

Reporter : Rif’ah
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra