LPTQ Kabupaten Banjar Susun Program Kerja  

46

MARTAPURA,- Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Banjar menggelar rapat di sekretariatnya, di Gedung Islamic Center, Martapura, Sabtu (26/8/2023) pagi.

Rapat dipimpin Ketua Umum (Ketum) LPTQ Kabupaten Banjar H Masruri, diikuti ketua I, II dan III, sekretaris umum,  sekretaris I, II dan III, bendahara dan wakilnya serta para ketua bidang.

Ketum LPTQ Banjar H Masruri melalui pesan WhatsApp, Sabtu (26/8/2023) malam menyebut hasil rapat tersebut adalah menyiapkan kegiatan-kegiatan yang belum terlaksana pada masa khidmat 2023. Yakni peningkatan kapasitas kader yang direncanakan minggu ke 2 September – minggu ke 2 November 2023.

Program Pendidikan Kader Beprestasi (Program pembinaan untuk kader ke luar daerah) akan dilaksanakan untuk cabang khat Al quran. Pengembangan kualitas kader, berupa kegiatan Haflah Al quran yang akan dilaksanakan minggu ke 2  November dan mengikuti kegiatan Musabaqah yaitu Gema Al quran Tanah Laut 5-7 September mendatang.


Rapat juga membahas bantuan Operasional Kelompok Binaan/LPTQ Kecamatan, yang merupakan program kerjasama LPTQ Kabupaten dan kecamatan yang akan melakukan pembinaan di tingkat kecamatan untuk kegiatan STQ Nasional. Akan melakukan pendampingan bagi kader LPTQ Kabupaten Banjar yang mengikuti even tersebut di Provinsi Jambi 27 Oktober – 5  November 2023.

” LPTQ Banjar juga akan laksanakan Diklat Kompetensi Dewan Hakim, program yang ditujukan bagi para kader LPTQ Kabupaten Banjar dalam hal melakukan teknis penilaian pada kegiatan MTQ yang akan dilaksanakan Oktober 2023 minggu ke 2,” ungkap Masruri.

Dirinya juga meminta pengurus inti untuk melakukan penjajakan dan penggalian informasi terkait persiapan Kabupatrn Banjar menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Tahun 2025, dengan melakukan studi banding ke 2 tuan rumah MTQ tingkat provinsi sebelumnya yakni Banjarbaru dan Tanah Bumbu.  Penyampaian usulan anggaran paling lambat 31 Maret 2024. Ia menekankan dari sekarang disusun betul anggaran pada setiap bidang agar jangan sampai terlewatkan.

 

LPTQ Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata untuk even Grand Kaligrafi Competetion se Kalsel tahun 2024, dan mempersiapkan teknis kegiatan tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dikatakan Masruri KORPRI dan LPTQ Kabupaten Banjar akan bekerjasama dalam kegiatan MTQ Korpri Kabupaten Banjar yang akan dilaksanakan November 2023 dengan 2 golongan Musabaqah yakni Musabaqah Tilawah dan Lomba Dakwah.

Pada rapat tersebut pengurus LPTQ Kabupaten Banjar juga membicarakan terkait pembenahan sekretariat dan perbaikan mobil operasional LPTQ kab Banjar.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Banjar melalui rapat ini mengharapkan apa yang sudah direncanakan melalui program kerja dapat dilaksanakan oleh jajaran pengurus, sehingga capaian kinerja pengurus LPTQ Kabupaten Banjar tahun khidmat 2023 dapat tercapai sesuai dengan target dan dapat menghasilkan kinerja yang maksimal.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra