Peringati HKG, PKK Banjar Soroti Stunting dan Bullying

98

 

KERTAK HANYAR,- Mengusung tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh” Peringatan ke 51 Hari Kesatuan Gerak (HKG) tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2023, digelar di Hotel Treepark Kecamatan Kertak Hanyar, Kamis (3/8/2023) pagi.

 

Peringatan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas didampingi Staf Ahli TP PKK Hj Fatmawati, para kader dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa serta sejumlah undangan.

Dihadapan para kader, Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas menyampaikan, peringatan dilaksanakan untuk memupuk rasa kebersamaan dan semangat kinerja dari TP PKK dalam bermitra dengan pemerintah serta akan menangguhkan kembali organisasinya dalam memberi manfaat kepada masyarakat Kabupaten Banjar.

 

” Saya berpesan kepada para kader agar tetap rendah hati dan menjunjung tinggi persatuan, sehingga dalam praktiknya dilapangan seorang ketua tidak hanya memerintah tetapi juga merencanakan dan memastikan serta memvalidasi apa yang dilakukan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

 

 

Gita menyebut capaian yang diraihnya terkait dengan 10 program pokok PKK salah satunya mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI dibidang pembangunan keluarga.

“Penghargaan tersebut diberikan sebagai kinerja TP PKK berhasil mendongkrak penurunan angka stunting di Kabupaten Banjar yang begitu signifikan,” bebernya.

 

Ia menambahkan untuk Say No Ting Ting (Kampanye Cegah Stunting dan Anti Bullying) merupakan keterlibatan kader melihat dari permasalahan yang timbul. Hal yang penting diperhatikan bersama selain penurunan stunting, adalah traffic perundungan atau bullying yang terselubung.

 

“Mengantisipasi hal tersebut, melalui pengawasan dari TP PKK Banjar sebagai Bunda PAUD di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa bisa bersama sama stake holder terkait mengusulkan pihak sekolah menyediakan X-Ray agar dapat mendeteksi adanya senjata tajam (sajam) yang dibawa anak-anak,” sambungnya.

Diakhir, Ketua TP PKK Banjar lakukan pemotongan kue sebagai ungkapan rasa syukur dan pembagian doorprize berupa 4 buah sepeda kepada para kader yang beruntung.

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra