Pertama Kali, Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Dialog Interaktif di RSB  

96

MARTAPURA,- Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat, Wakapolres Kompol Faisal Nasution beserta Kasat Lantas Banjar Eko Guntar menyempatkan diri menjadi narasumber di talkshow dan dialog interaktif di program Halo Polisi, di Radio Suara Banjar, Kamis (23/11/2023) siang.

Kapolres Banjar M Ifan Hariyat menjelaskan situasi kamtibmas terkini, langkah yang telah dilakukan pihaknya dalam penanganan karhutla di Kabupaten Banjar, penanganan beberapa kasus kriminalitas juga kesiapan Polres dalam kegiatan Haul Abah Guru Sekumpul yang direncanakan Januari mendatang.

M Ifan Hariyat menjelaskan, dalam tahapan Pemilu 2024 pihaknya mengajak Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat dan partai politik yang berkontestan untuk mengajak mengadakan Deklarasi Damai dengan tujuan menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Banjar. dan menyampaikan bahwa TNI/Polri netral dalam mengawal, mendampingi dan melaksanakan pengamanan pemilu.


” Sementara terkait penanganan karhutla kami menyiapkan sarana dan prasarana walaupun diakui belum optimal namun dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin dan tetap melakukan koordinasi dengan Forkopimda. Selain itu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait larangan pembakaran lahan secara sengaja karena akan dikenakan sanksi hukum,” jelas Hariyat.

Wakapolres Banjar Faisal Nasution menambahkan kendala di lapangan saat terjadi karhutla biasanya pada saat kemarau maka akan sulit mencari titik air untuk memadamkan api, juga kountur tanah di Kabupaten Banjar yang merupakan lahan gambut. Hal ini menurutnya juga sudah dikoordinasikan dengan Bupati dan Forkopimda pada Rakoor Penanganan Karhutla beberapa waktu lalu.

Sementara Kasat Lantas Eko Guntar menyampaikan informasi terkait sepeda listrik yang marak saat ini digunakan di Kabupaten Banjar. Pihaknya mengedukasi masyarakat tentang di mana saja boleh digunakan sepeda listrik ini, termasuk kerjasama dengan pihak penjual sepeda listrik tersebut.

Terkait angka kecelakaan lalu lintas dirinya menyatakan, memang ada kenaikan dikarenakan telah berakhirnya masa pandemi dimana kegiatan masyarakat kembali tinggi dalam menggunakan alat transportasi.

Disinggung kesiapan Polres Banjar baik Kapolres, Wakapolres dan Kasat Lantas menyatakan kesiapan dalam mendukung lancarnya kegiatan keagamaan Haul Abah Guru Sekumpul, terkait pemantauan Alat Peraga Kampanye (APK) karena haul bertepatan masa kampanye dan Kapolres menekankan pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak terkait Satpol PP agar kegiatan tersebut tidak ternodai dengan adanya unsur politik.


Selain itu diungkapkan Kasat Lantas Eko Guntar kesiapan lainnya adalah melakukan rekayasa lalu lintas bekerjasama dengan Dishub Banjar dan pada hari H pelaksanaan Haul nantinya seperti biasa akan dikerahkan anggota di beberapa titik dalam membantu kelancaran lalu lintas sebelum, saat pelaksanaan dan setelah kegiatan Haul Abah Guru Sekumpul.

Talkshow Halo Polisi ini juga interaktif dengan para pendengar melalui telepon untuk bertanya langsung kepada Kapolres Banjar dan jajaran.

 

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra