Pilkades Serentak, Camat Martapura Timur : Menang Disyukuri, Yang Kalah Dirangkul

249

MARTAPURA TIMUR,- 10 desa penyelenggara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022 untuk Kecamatan Martapura timur Kabupaten Banjar dipastikan siap untuk menggelarnya. Dua hari menjelang pelaksanaan pencoblosan, tidak ada laporan kendala yang dihadapi oleh panitia desa yang masuk ke kecamatan setempat.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Camat Martapura Timur Guslan, diruang kerjanya, Selasa (15/11/2022) pagi.

Sepuluh desa yang menggelar pesta demokrasi tersebut masing-masing, Desa Antasan Senor, Antasan Senor IIir, Mekar, Pematang Baru, Melayu, Melayu Ilir, Sungai Kitano, Dalam Pagar Ulu, Keramat dan Desa Pekauman, dengan jumlah total pemilih 11.608. 

Untuk persiapan pencoblosan sendiri lanjut Guslan, hari ini dilakukan pelipatan surat suara yang mengembil lokasi di aula kecamatan. 

“ Panitia pemilihan desa kita undang untuk pelipatan surat suara, kemudian kita yang mengawasi, Insyaallah siang ini dimulai,” ujarnya.

Pihaknya juga menyediakan surat suara cadangan jika ditemukan ada yang mengalami kerusakan berdasarkan Perbup Nomor 66 Tahun 2022 sebanyak 2,5 persen dari total jumlah DPT.

Surat suara yang sudah dilipat akan di inapkan di kecamatan sebelum di distribusikan keesokan harinya 16 November. Guslan memastikan surat suara akan aman dan dijaga oleh Linmas desa masing-masing ditambah aparat TNI/Polri.

“ Insyaallah aman seperti pilkades sebelumnya, karena juga ada babinsa dan bhabinkamtibmas,” ucapnya.

Lebih jauh Guslan berharap kepada panitia agar undangan untuk pemilih benar-benar sampai kepada yang bersangkutan, agar hak suara bisa dimanfaatkan dan tidak terbuang percuma. Sementara kepada pemilih agar lebih selektif untuk melihat kondisi surat suara sebelum dicoblos, apakah layak atau tidak.

“ Kalau bolong duluan, Ini berpotensi ribut, makanya harus periksa dulu, pemilih berhak untuk minta ganti surat suara dengan panitia,” sarannya.

Selain itu ia juga meminta kepada semua pihak untuk sama-sama menjaga keamanan di TPS masing-masing.

“ Yang menang di syukuri, rangkul semuanya, jangan sampai terjadi skat diantara yang menang dan kalah,” tutupnya.

Sebelumnya, Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat pelaksaan deklarasi damai pilkades serentak, Selasa (8/11/2022) di Ballroom Q Daffam Hotel Banjarbaru mengatakan, pilkades merupakan hak demokrasi setiap warga yang telah memiliki hak pilih, untuk memilih calon kepala desa yang akan memimpin desa selama enam tahun kedepan.

Deklarasi damai ini menurut Saidi Mansyur sebagai bentuk pernyataan sikap dan komitmen bersama dalam menciptakan pilkades yang aman, damai, tertib dan kondusif.

“Pilkades ini dapat melahirkan pemimpin yang berakhlak baik sesuai dengan kultur Kabupaten Banjar, mengakselerasi kemajuan, menciptakan perubahan sehingga dapat membangun desa lebih baik lagi,”ujarnya.

Pelaksanaan pilkades serentak se Kabupaten Banjar ini sendiri akan digelar di 117 desa pada Kamis 17 November mendatang.

Reporter : Ronny
Editor : Ronny Lattar