PMD Banjar Tingkatkan Kapasitas Pambakal

123

KERTAK HANYAR,- Pemerintah Kabupaten Banjar selalu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Pambakal se-Kabupaten Banjar, sehingga dapat melakukan percepatan pembangunan di desa dalam rangka mendukung program pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat menutup bimbingan teknis  pembinaan peningkatan aparatur pemerintah bagi pambakal se-Kabupaten Banjar tahun 2023, di Hotel TreePark Kecamatan Kertak Hanyar, Selasa (28/2/2023) pagi.

Saidi Mansyur mengatakan, Pambakal adalah pemimpin desa yang langsung berhubungan dengan masyarakat dengan segala kebijakannya untuk bisa memajukan desanya.

“Kebijakan-kebijakan yang dibuat pambakal harus dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan di desa sesuai dengan mekanisme dan aturan yang harus dipatuhi,” harapnya.


Kepala Dinas PMD Banjar H Syahrialludin menjelaskan, kegiatan yang diikuti seluruh pambakal se Kabupaten Banjar ini dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama selama dua hari 27 dan 28 Februari 2023 10 kecamatan, kemudian pekan depan akan dilaksanakan tahap kedua dari 10 kecamatan lainnya.

Menurutnya, setelah bimtek ini, berdasarkan hasil pretes dan postes yang dilakukan, terdapat peningkatan pengetahuan pambakal sebesar 80 atau hampir 90 persen.

Bimtek menghadirkan pemateri dari akademisi dosen ULM, Dinas PMD Provinsi Kalsel dan Banjar serta tenaga ahli pendamping desa.

Sementara materi yang diberikan terkait kepemimpinan dan kebijakan publik, peran pambakal dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, hubungan antara pambakal dengan lembaga kemasyarakatan di desa, serta pengukuran kinerja perangkat desa.

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra