Poktan Pejambuan Raya Panen Padi Gernas El Nino

23

SUNGAI TABUK,- Suasana gembira dan penuh semangat menyertai prosesi panen padi yang dilakukan oleh Kelompok Tani Pejambuan Raya, di Desa Pejambuan, Kecamatan Sungai Tabuk, Rabu (3/4/2024).

Panen padi tersebut merupakan hasil Gerakan Nasional (Gernas) untuk penanganan dampak El Nino yang digelar pada akhir tahun 2023. Luas lahan yang dipanen mencapai sekitar 3 hektare dari total bantuan penanaman padi Gernas El Nino 10 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Warsita mengatakan, bantuan benih padi dan pupuk disediakan dari dana APBD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Ini sebagai upaya untuk membantu petani menghadapi tantangan dari fenomena alam seperti El Nino,” ujarnya.

Total bantuan untuk Kabupaten Banjar 2.635 hektare, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung sektor pertanian di wilayah Kabupaten Banjar sebagai lumbung padi.


Lahan panen padi lanjut Warsita merupakan lahan irigasi teknis yang memungkinkan untuk tanam dua kali dalam setahun.

“Setelah panen padi varietas Inpari 32 hari ini, rencananya akan dilakukan penanaman padi unggul sebagai langkah berikutnya,” ujarnya.

Turut hadir Pelaksana Harian Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, yang memberikan dukungan dan apresiasi atas upaya petani dalam mengatasi tantangan alam.

Tim
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra