Safari Ramadan di Kelampaian, Bupati Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

67

ASTAMBUL,- Hari ketujuh Safari Ramadan Bupati dan Wakil Bupati Banjar tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, dilaksanakan di Masjid Keramat Kelampaian, Kecamatan Astambul, Senin (18/03/2024) sore.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, safari Ramadan yang dilaksanakan bertujuan menjalin silaturahmi yang baik antar umara dan ulama serta masyarakat.

Menurutnya, di bulan puasa ini adalah momen penting untuk saling merekatkan hubungan, meningkatkan keimanan sehingga bisa terjalin hubungan yang harmonis dan dapat memberikan manfaat buat sesama.


“Di bulan puasa ini saya juga mengimbau masyarakat agar menjaga lingkungan sehat dan bersih di tempat kita tinggal, sehingga bisa terhindar dari penyakit akibat cuaca ekstrem yang sering terjadi di daerah kita,” ajaknya.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyi menyerahkan dana hibah bagi pembangunan Masjid Keramat Kelampaian sebesar Rp 50 juta, selain itu bantuan paket sembako dari Ketua TP PKK Kabupaten Banjar H Nurgita Tiyas  kepada penerima manfaat.

Sementara Habib Abdullah Alaydrus dalam tausiahnya menerangkan, ada 3 tingkatan puasa menurut Imam Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin yakni puasa nya kaum awam (shaumul umum), puasa kaum khusus (shaumul khusus) dan  puasa khusus buat orang khusus ( shaumul khususil khusus).

“Ketiganya bagai tingkatan tangga yang menarik orang berpuasa, agar bisa mencapai tingkatan orang ketiga yaitu khususil khusus. Mari kita tingkatkan amal ibadah di bulan suci Ramadan ini sehingga mendapat maghfirah dan  kenaikan derajat,” tutupnya.


Safari Ramadan juga dihadiri unsur Forkopimda, asisten, para kepala SKPD, Direktur Perusda, Camat Astambul beserta Forkopimcam, alim ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra