Webinar Literasi Kabupaten Banjar, Berselancar Aman di Dunia Digital

299

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Berselancar dengan Aman di Dunia Digital” di Martapura Kabupaten Banjar, Kamis (15/07) siang.

Kegiatan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan Bupati Banjar Saidi Mansyur dan dipandu moderator Aulia Mawardhika serta menghadirkan narasumber berkompeten. Narasumber lokal Didi Cahya dan Juni Arfiandy, sementara narasumber nasional Billy Purwocaroko.

Didi Cahya narasumber lokal mengetengahkan tentang Etika Bermedia Sosial. Menurutnya etika berinternet disebut netiket atau tata cara berperilaku di dunia maya, hal ini sangat diperlukan untuk berinteraksi meskipun tidak bertemu secara fisik.

Menurut Didi, saat ini netizen sudah di level DARURAT NETIKET. Teknologi berlari cepat, mental netizen belum siap. Netizen leluasa membuat postingan tanpa edit.

“ tidak seperti periode sebelumnya saat informasi valid hanya diperoleh dari media massa dan melewati proses verifikasi dan editing,” ujarnya

Selain itu medsos mengubah pola komunikasi yang semula langsung menjadi komunikasi bermedia yang memungkinkan pelakunya tidak bertatap muka sehingga etika dan tata krama menjadi longgar. Serta pelanggaran privasi, termasuk pengabaian consent.

Narasumber lokal lainnya Juni Arfiandy mengetengahkan tentang Jurnalisme Warga, Kenapa Tidak? Gunakan Sosial media untuk Mengabarkan Kebenaran dan Fakta Lengkap dan Berimbang. Dikatakan kewartawanan atau jurnalisme adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa yang terjadi.

“ saat ini perkembangan teknologi sudah tidak dapat dibendung lagi, sehingga sudah dipastikan akan memberikan pengaruh yang sangat beragam pada semua aspek kehidupan,” ungkapnya.

Sementara narasumber nasional Billy Purwocaroko membahas mengenai Mengenal Lebih Jauh Cara Menyuarakan Pendapat di Dunia Digital. Bily menekankan bahwa belajar mengerti akan anak itu adalah wajar dan sangat penting. Orang tua harus menjadi panutan dan jangan terlalu pasif terhadap anak, sering mengawasi dan mengontrol.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar