Saran Dinda di Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman

126

MARTAPURA,- Pelatihan Pemulasaran Jenazah di Kalangan Pemuda (Saran Dinda) yang digelar Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar melalui Bidang Kepemudaan, kali ini menyasar Desa Simpang Tiga, Kecamatan Mataraman, Rabu (28/02/2024).

Peserta pelatihan terdiri dari pemuda pemudi desa setempat berjumlah 30 orang, terdiri dari 15 putra dan 15 putri.

Menurut Kabid Kepemudaan Disbudporapar Banjar Muhari, digelarnya pelatihan di desa tersebut karena warga setempat ingin mempelajari cara pemulasaran jenazah.

“Menindaklanjuti kunjungan pada 2023 lalu, warga setempat membutuhkan pelatihan pemulasaran jenazah. Masyarakat di Desa Simpang Tiga cukup antusias bahkan beberapa desa meminta agar pelatihan digelar di masing-masing desa,” ungkapnya.

 

Muhari menyebut pelatihan ini penting untuk bekal bagi generasi muda untuk melanjutkan apa yang dilakukan para orang tua sebelumnya.

“Perlu regenerasi dalam memandikan jenazah ini, merekalah nanti yang akan menggantikan para orang tua yang sudah sepuh (lanjut usia) dan tentu menjadi kegiatan positif bagi kaum pemuda,” sambungnya.

Sementara Pambakal Desa Simpang Tiga sampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah terutama Disbudporapar yang telah memilih desanya sebagai lokasi pelatihan.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat luas dan dapat merubah pola pikir para peserta untuk berani memuliakan jenazah terkhusus keluarga sendiri,” harapnya.

Salah satu peserta Ahmad Syarifain mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan serupa dapat terlaksana kembali dan berkelanjutan.

Diketahui, Saran Dinda selanjutnya akan menyasar di 9 desa lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Banjar.

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra