Tapai Baras Gambut, Kuliner Primadona Bazar  

48

GAMBUT,- Tak bisa dipungkiri, Tapai Baras Gambut menjadi salah satu kuliner primadona yang paling banyak dicari oleh para pengunjung. Pemandangan tersebut terlihat di stand Bazar Kecamatan Gambut pada malam penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLVI tingkat Kabupaten Banjar, di lapangan bola Basaing, Gambut, Senin (7/3/2023) malam.

Nuri Firnida Kepala Seksi Bazar stand Kecamatan Gambut mengakui akan hal tersebut. Dari banyaknya produk UMKM binaan yang dipajang, tapai Gambut menjadi pilihan pengunjung sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.


Ia bersyukur dari hari pertama hingga penutupan MTQ dagangan cukup laris dengan hasil penjualan 1 juta lebih, total penjualan hingga malam terakhir mencapai 3 juta lebih.

” Sampai malam penutupan ini belum ditotal, tapi mungkin 3 juta lebih untuk semua produk UMKM. Ada tapai, aneka jamu, madu kelulut, kopi susu, keripik, kerupuk dan kacang, semuanya berlebel halal” ujarnya.

Fuda (29) pengunjung asal Kota Banjarbaru mengaku sudah dua kali ke Bazar dan membeli tapai Gambut untuk dibawa pulang.

” Malam pembukaan dan penutupan kita kesini cari cemilan, ya tapai ini untuk dimakan bersama keluarga,” ujarnya.


Dipilihnya tapai Gambut sebagai cemilan diakui lantaran memang suka yang rasanya manis-manis. ” Saya memang suka tapai, mantap, rasanya manis, tapi saya tidak bisa bikin, makanya beli mumpung lagi di Gambut,” ujarnya.

Bazar yang berlangsung selama 4 hari ia nilai cukup untuk mempromosikan produk-produk UMKM dari berbagai kecamatan. Meski begitu produk-produk UMKM tersebut menurutnya harus terus dipromosikan di Bazar Bazar lainnya.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra