Targetkan Juara Umum, Pembinaan 54 Kafilah MTQ Banjar, Hari Ini Berakhir

336

MARTAPURA,- Guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan Kafilah peserta MTQ Nasional tingkat Propinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tanah Bumbu mendatang, beberapa waktu lalu dilaksanakan kegiatan pembinaan peningkatan kapasitas kader oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil qur’an ( LPTQ ) Kabupaten Banjar. Kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Sekda Banjar Dr. H. M. Hilman di gedung Islamic Center H.Anang Djazouli Seman, Minggu (08/11) pagi.

Ketua Umum LPTQ Banjar H. Maruri melaporkan, kegiatan dilaksanakan dalam enam belas kali pertemuan setiap hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan tersebut merupakan persiapan bagi peserta MTQ Nasional tingkat Provinsi di Tanah Bumbu nanti. Pemantapan latihan intensif diikuti 54 peserta di delapan (8) cabang lomba, yakni Tilawah, Qiroat, Tahfiz, Tarsil, Syartil, Qatil, Tartil dan Makalah Imiah, setelah pelaksanaan pembinaan selesai akan kembali dilakukan evaluasi.

“Alhamdulillah selama kegiatan peningkatan kapasitas kader enam belas kali pertemuan ini tidak ditemukan kendala secara umum, namun memang dari beberapa evaluasi ada diberikan catatan, dan itu menjadi perhatian kami untuk dilakukan perbaikan kedepan, dan catatan tadi masing2 ada pada pembimbing, ” Jelas Masruri.

Sementara itu Sekda Banjar Dr. H.M. Hilman dalam keteranganya berharap, dari pembinaan yang dilakukan menjadi tahap awal dari ikhtiar maksimal, yang dilakukan secara bertahap dan berjenjang.

“Ibaratnya sekarang ini kita mengasah kemampuan kita, jadi agar tetap tajam sempai pelaksanaan MTQ nantinya, tetap harus diasah semua kemampuan tadi, apalagi mereka ( peserta ) tadi kan, sudan ada catatan juga dari para pembimbing, tentu ini akan mempermudah peserta karena sudah tahu mana yang harus lebih dilatih lagi” ujar Hilman.

Hilman menambahkan, nanti pada tahap akhir sebelum pelaksanaan MTQ, akan dilaksanakan TC bagi peserta, agar pada saat lomba, sudah benar benar siap, dengan  target juara umum.

Disela kegiatan Sekda Banjar menerima kenang-kenangan berupa lukisan bergambar dirinya, selain itu Sekda beserta pengurus LPTQ Banjar juga berkesempatan meninjau gedung Islamic Center dan melihat galeri kaligrafi yang dibuat oleh peserta.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar