Tim Gabungan BPBD Tangani Karhutla di Belakang Stadion Demang Lehman dan Alam Roh 8

38

MARTAPURA,- Laporan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi persis di belakang Stadion Demang Lehman, Indrasari Martapura langsung direspon tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Kamis (24/8/2023) sore.

Tim gabungan terdiri dari BPBD, EBR, RAPI, TNI, PMI dan BPK swasta bahu membahu lakukan penanganan, guna lakukan pemadaman dan meminimalisir luasan lahan yang terbakar.

Api begitu cepat membakar semak belukar yang sebagian sudah terlihat mengering lantaran cuaca panas yang terjadi. Tim gabungan yang dilengkapi sarana 2 unit truk tangki, 1 unit mobil komando, 2 mesin alkon dan 4 roll selang berhasil memadamkan api.

Api bisa dipadamkan oleh tim gabungan setelah 1 jam lebih melakukan penanganan. Sementara luasan lahan yang terbakar di lokasi tersebut sekitar 1 hektare.

“ Apinya sudah padam, saat kebakaran tadi angin bertiup cukup kencang. Yang terbakar semak belukar dengan luasan sekitar 1 hektare,” jelas Reven salah satu personel BPBD Banjar.

Pada hari yang sama di lokasi yang berbeda, tim BPBD Banjar juga lakukan penanganan karhutla yang terjadi di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat atau tepatnya di Alam Roh 8 dengan vegetasi yang terbakar semak belukar.

Di lokasi tersebut penanganan karhutla lebih cepat selesai. Sekitar 30 menit penanganan api bisa dipadamkan dengan luasan lahan yang terbakar hanya 0,25 hektare.

Reporter : Andri
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra