Tim Gabungan Tangani Karhutla di Karang Intan dan Sungai Tabuk

40

MARTAPURA,- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Desa Karang Intan Rt 03 KM 17 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kamis (21/9/2023) siang.

 

Tim gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, TNI, Polri, EBR, RAPI dan Manggala Agni, lakukan penanganan setelah mendapatkan laporan.

 

Laporan tersebut disampaikan melalui visual oleh seseorang, yang mengaku kewalahan setelah berupaya memadamkan api secara manual bersama rekan-rekannya.

 

” Kebakaran hutan di RT 3 Karang Intan, Sungai Gadung, luncurkan unit segera, bosku tolong kakawanan supaya apinya kada meluas, kada tahan lagi kita lawan tangan mamatii,” ucap sesorang pengambil visual.

Penanganan yang dilakukan oleh tim gabungan selama 40 menit berhasil memadamkan api yang membakar semak belukar dan pepohonan tersebut, dengan luasan lahan yang hangus sekitar 1 hektare.

 

Di lokasi lainnya, tepatnya di Desa Sungai Tabuk Kota, Kecamatan Sungai Tabuk, karhutla juga terjadi pada waktu yang sama.

 

Api membakar vegetasi jerami padi dan lahan persawahan. Penanganan oleh tim gabungan selama hampir 1 jam berhasil meminimaliair luasan lahan yang terbakar, yakni sekitar 0,21 hektare.

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra