Wabup Banjar Hadiri Haul Habib Sholih bin Abdullah Al Haddar

180

MARTAPURA,- Ribuan jemaah padati lokasi peringatan haul Habib Sholih bin Abdullah Al-Haddar, di kediaman Habib Musthofa, di Jalan Irigasi, Gang Ziyadah, Martapura, Kabupaten Banjar, Jumat (23/6/2023) malam.

Jemaah yang datang dari berbagai penjuru tersebut mulai berdatangan ketika usai salat magrib. Mereka datang lebih awal atau sebelum acara berlangsung untuk mendapatkan tempat paling dekat dengan panggung utama haul. Banyaknya jumlah jemaah membuat para relawan melakukan pengawalan ketat terhadap undangan, para alim ulama dan para habaib yang berdatangan termasuk Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie.

Kegiatan sekaligus haul Syekh Samman Al Madani tersebut diawali dengan pembacaan surah yasin, maulid habsyi dan syair, pembacaan ayat suci Al quran oleh Habib Mahmud Syarkani asal Samarinda.

Peringatan haul menghadirkan dua penceramah, yakni Habib Muhammad bin Umar asal Bondowoso dan Habib Abdul Qadier Zied Ba’bud asal Probolinggo, Jawa Timur.

Habib Muhammad bin Umar dalam tausiahnya mengatakan tentang berbakti kepada orang tua meskipun sudah wafat. Yakni dengan memperbanyak doa ampunan bagi mereka. Mengeluarkan rezeki yang pahalanya diniatkan untuk orang tua, menyambung silaturrahmi dengan teman-teman orang tua yang masih hidup dan berbuat baik,  serta sering berziarah ke makam orang tua jika lokasinya dekat.

” Malam ini kita diajarkan oleh Habib Mustofa Al Haddar, beliau mengamalkan dan memapraktikkan wasiat Rasulallah SAW berbakti kepada orang tua dengan mengundang sekian banyak orang, dengan doa dan zikir yang dikirim kepada orang tuanya,” ujarnya.

Sementara Habib Abdul Qadier Zied Ba’bud mengajak jemaah untuk mencintai para ulama untuk mencapai keberkahan hidup, serta jangan sampai terjadi matinya hati. Menurutnya ada 3 tanda tanda mati hati, antara lain malas beribadah, semangat dalam melakukan maksiat serta beribadah tapi tidak merasakan kenikmatan.

Pada akhir tausiahnya, Habib Abdul Qadier juga mendoakan jemaah mendapatkan keberkahan dan dikabulkan semua niatnya oleh Allah SWT

Reporter : Khairin
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra