Webinar Literasi Digital, Berdakwah Indah  di Ruang Digital

240

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar webinar literasi digital bertema “Keterampilan yang Wajib Dikuasai di Era 4.0″ untuk Kota Banjarmasin, dibuka oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan dimoderatori Ronald Andretti, Selasa (02/11) siang.

Webinar ini menghadirkan narasumber berkompeten yaitu Dra. Naimah,M.M, Kepala MAN 1 Banjarmasin, Ratyuhono Linggar P, Praktisi SDM, Dosen & Coach dan Aulia Hayati,S.Pd, guru MAN 1 Banjar dan Key Opinion Leader Bara Zulfa, News Presenter TVRI, Founder of WaniWicara dan Creative Balai Tekkomdik DIY.

Salah satu narasumber Dra Naimah,M.M menyampaikan,  materinya tentang Budaya Digital dengan topik pembahasan Berdakwah Indah di Ruang Digital. Dikatakan, agama Islam adalah sebuah sistem yang mengatur tentang bagaimana keimanan atau kepercayaan manusia terhadap Tuhan yang Maha Kuasa dan bagaimana manusia bersikap dalam kehidupannya.

Agama merupakan sebuah identitas yang harus dimiliki oleh setiap manusia, dalam sebuah kependudukan dipastikan bahwa setiap individu memiliki kepercayaan terhadap Tuhan.

Menurutnya, pendidikan yang memperkuat pondasi pola pikir generasi bangsa agar tidak mudah terpengaruh dampak negatif dunia maya, salah satunya adalah dengan cara berdakwah. Dakwah dalam Islam adalah Kewajiban, dalil tentang wajibnya menyampaikan kebenaran tercantum dalam firman Allah SWT.

” Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung (Ali Imran/3:104),” jelasnya.

“Dakwah dapat dilakukan melalui media online dengan memanfaatkan sosial media yang ada seperti Facebook,WA, Instagram, Twitter, Youtube dan lainnya untuk berbagi kebaikan asal selalu bijak dalam menggunakan sosmed,” pungkasnya.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar
Baca Juga:  GKN dan IPPNU Silaturrahmi Dengan TP. PKK Kabupaten Banjar