Webinar Literasi Digital, Bermain Di Ruang Digital Itu Menyenangkan

205

MARTAPURA,- Era digital bukan malah ditakuti, karena sebenarnya ada banyak media belajar yang bisa mendukung perkembangan anak. Bermain sambil belajar diera digital bisa saja.

Namun sebagai orangtua tentunya pasti ingin mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Pembahasan kali ini di moderator oleh Rio Brama bersama dengan empat narasumber yang akan membahas berbagai materi.

Tampil sebagai narasumber pertama dr Fiska Suratmono yang akan membahas Peran Orang Tua Dalam Keamanan Internet Untuk Anak.

“Pertama apasih arti dari internet itu? Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia,” katanya.

Jumlah pengguna internet di dunia berjumlah 132,7 juta jiwa, 129,2 juta memakai media sosial, 128,4 juta menggunakan internet sebagai hiburan, 127,9 juta menggunakan internetnya sebagai berita, 124,4 juta digunakan sebagai pendidikan, 123,5 juta komersial, dan 121,5 juta menggunakan sebagai layanan publik.

Revolusi digital perubahan dari teknologi mekanik dan elektroni kanalog ke teknologi digital. Contoh perangkat digital ada televise, jam digital, perangkat permainan genggam, smartphone, laptop, dan komputer.

Perlu diwaspadai dari media digital adalah ketidakpahaman yang melahirkan persoalan dalam penggunaan media digital secara positif dan propesional.

Ada beberapa dampak positif internet pada anak yaitu akses informasi lebih cepat dan mudah, tumbuhnya inovasi digital yang memudahkan pembelajaran daring.

Meningkatnya SDM melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, dan munculnya berbagai sumber belajar seperti perpustakaan online, media pembelajaran online, diskusi online yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kemudian untuk dampak negatifnya kecanduan, konten negative, cyberbully, pelanggaran privasi, dan pedofil online. Menjaga, mengawasi, dan menemani aanak di dunia maya sama pentingnya dengan perhatian kita di dunia nyata,” tuturnya.

Narasumber kedua yaitu Arin Swandari yang membahas Cara Aman Berinvestasi Online. “apasih arti investasi itu? Investasi adalah menanamkan modal untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Rumus aman berinvestasi yaitu terdaftar di otoritas P2P lending atau pijol (pinjaman online) harus terdaftar di otortas jasa keuangan (OJK), saham memilih sekuritas yang legal dengan analis kompoten.

“Memiliki izin dari OJK dan BEI, reksadana perusahaan manajer investasi sebagai pengelola reksadana harus dapat ijin dari OJK, terdaftar di OJK, nabung emas cari yang bereputasi,” ucapnya.

Rilis