Webinar Literasi Digital, Pengguna Intenet 51 Persen Populasi Dunia

228

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar Program Literasi Digital Nasional bertajuk “Aman dan Nyaman Memasuki Dunia Digital” Kamis, (29/7/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini cukup menarik perhatian dan antusias peserta. Selain mendapatkan ilmu baru, peserta yang mengikuti kegiatan ini juga  mendapatkan E-Sertificate dan ada juga doorprize pulsa/E-Money sebesar Rp1.000.000.

Kegiatan webinar ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital. Intenet sangat mudah diakses oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun pada pembahasan kali ini yang dimoderatori Rio Brama, akan membahas Aman Dan Nyaman Memasuki Dunia Digital dengan keempat narasumber dengan materi yang berbeda-beda untuk mengedukasi. Mereka adalah Grandika S. Primadani, MSc, Bahyudin Nor, S.pd.I, drg. Irvanda Mulyaningsih, sp.Ort, dan Zulrifan Noor.

Salah satu narasumber Grandika S. Primadani, MSc membahas Peran Literasi Digital untuk mengubah Mindset Konsumtif Menjadi Lebih Produktif, berikut pembahasan yang beliau sampaikan.

“Media digital ibarat dua mata pisau, baik atau buruknya penggunaan teknologi digital tergantung bagaimana orang memilih untuk menggunakan. Definisi literasi digital pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi, atau jaringan dalam proses menemukan, mengevaluasi, menggunakan, dan membuat informasi, serta memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum,” jelasnya. 

Digital mindset generasi milenial kerap dinilai sebagai generasi yang kreatif dan berani mengambil resiko, namun di sisi lain mereka juga konsumtif. Salah satunya dipengaruhi oleh budaya digital dan intensitas penggunaan internet.

Narasumber kedua yaitu, Bahyudin Nor, S.pd.I membahas Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital.

“Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis berupa barang/jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya. Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar di masa yang akan mendatang. Usia produktif penduduk Indonesia sebagian besar merupakan usia produktif di mana sekitar 50% berusia di bawah 30 tahun, bahkan sekitar 30% di antara penduduk Indonesia masih berada di bawah 15 tahun,” katanya.

Hal ini menarik ketika berbicara tentang masa depan, masa depan  Indonesia berada di tangan produktif. Hampir 170 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet dan menggunakan media sosial. Peluang kesempatan untuk memasuki pasar baru, dan tantangan bagi produk UMKM  dalam negeri untuk memperbaiki kualitas mutu produk untuk bersaing di pasar dunia. “

“Bisnisnya apa saja? Reseller/Afilliate, desain grafis, youtuber, blogger ini semua jasa yang menjadi non online” jelasnya.

Pembahasan ketiga yang dinarasumberi drg. Irvanda Mulyaningsih, Sp.Ort membahas Main Aman saat Belanja Online.

Rilis