Webinar Literasi Digital, Sukses dalam Hidup Dengan Literasi Digital

215

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Siberkreasi menggelar webinar listerasi digital bertema “Sukses dalam Hidup Dengan Literasi Digital” di Kota Banjarmasin, Sabtu (17/07/2021) pagi, dengan moderator Dika Putra Jaya.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, saat membuka webinar mengatakan, jangan sampai ada warga yang tidak memahami dunia digital atau internet. Di Kota Banjarmasin hampir tidak ada kawasan yang tidak terjangkau sinyal atau akses internet. Di tengah Covid-19 saat ini, format belajar secara digital berbeda dengan tatap muka.

“Maka itu harus menguasai literasi digital, warganya memahami dalam berinternet, warga Kota Banjarmasin harus smart dalam berinternet, Internet juga sangat mendukung pelayanan publik di Kota Banjarmasin, menuju Banjarmasin Smart City,” ujarnya.

Narasumber pertama Dr Dwi Wijayanto, dokter estetik (kecantikan) dan entrepreuner, jebolan magister Universitas Ciputra membuka bahasan tema “pilih nabung atau belanja online. Menurutnya, perlu diketahui, semua harus cakap mengaskses internet, karena peningkatan pengguna internet 15% lebih tinggi tahun 2021 ini. “Kita perlu tidur 8 jam sehari, ternyata orang saat ini menggunakan internet 8,52 jam atau hampir 9 jam sehari,” ujarnya.

“Orang-orang sudah berbondong-bondong berbelanja online menggunakan handphone. Belanja online itu ada dua, di marketplace dan online shop. Perlu diwaspadai kebiasaan buruk dalam menggelola keuangan. Investasi online, ada investasi bodong, orang mudah tertipu tergiur keuntungan dikarenakan rendahnya literasi digital.

“Masa pendemi belum berakhir, jadi jangan sampah tergiur berbelanja online, dengan tawaran-tawaran diskon atau potongan harga di marketplace atau online shop. Belanja hanya untuk kebutuhan pokok saja, sisanya bisa untuk menabung atau investasi,” beber dr Dwi.

Prioritas kebutuhan, pertama kebutuhan fisiologis atau kebutuhan dasar seperti makan dan minum. Lalu ada kebutuhan keamanan pada tingkat kedua. Kemudian ketiga kebutuhan kasih sayang. Nah, paling atas ada kebutuhan aktualisasi diri. “Sayangnya kita banyak mementingkan kebutuhan yang terakhir ini, beli macam-macam yang tidak penting,” sebutnya.  

Tips menabung, tentukan tujuan menabung. “Untuk masa pensiun, meski masih muda atau masih bekerja, itu penting,” ujarnya.

Menabung itu lebih baik ketimbang belanja-belanja online yang belum tentu menjadi kebutuhan utama.

Pemateri Anita Zulrakhmida Fajriani SPd, english tutor, pengajar online di Banjarmasin mengatakan, sukses belajar online di masa sekarang atau di tengah pandemi. Lima jalan ninja menuju sukses belajar online. Pertama target, tentukan kemampuan yang ingin dicapai dan batas waktunya. Kedua, ada learning style, cari gaya belajar yang disukai. Misal melihat video, atau mendengar, atau melihat di instagram. Yang senang audio, bisa mengikuti pembelajaran di Podcast.

Ketiga source, cari sumber daya yang terpercaya. Cari yang sesuai dengan target dan sesuai gaya belajar. Keempat consistency dan kelima reflectioan dan evaluation.

“Pintu belajar online itu sudah banyak terbuka, dimana saja bisa, kuncinya hp dan laptop,” tutupnya.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar