Adopsi Program Unggulan, Para Sekdes di Kabupaten Banjar Saling Berbagi Ilmu

642

MARTAPURA,- Sejak tahun 2018 lalu, silaturrahmi bulanan yang diselenggrakan oleh Forum Sekretaris Desa Indonesia (Forsekdesi) Kabupaten Banjar hingga kini masih eksis. Program silaturrahmi bulanan tersebut, dalam pertemuannya melakukan rapat rutin guna membicarakan hal yang dianggap penting dari desa ke desa secara bergiliran. Demikian diungkapkan Jam’ani selaku Ketua Forsekdesi Kabupaten Banjar, Selasa (29/09) siang.

“ sejak tahun 2018 lalu program ini sudah jalan, setiap desa akan mendapatkan gilirannya, dimana pada rapat itu kita silaturrahmi antar sesama sekaligus berbagi ilmu untuk kemajuan desa masing-masing.” ungkapnya.

Jam’ani menjelaskan, disaat rapat rutin sekali sebulan, para Sekdes juga berkesempatan melihat kemajuan yang ada di desa bersangkutan, sehingga bisa mencontoh dan menerapkannya di desa masing-masing. Seperti yang baru dilaksanakan di Desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar. Dimana desa tersebut memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang begitu maju dalam pengelolaannya.

“ hal seperti itulah yang bisa ditimba ilmunya oleh para Sekdes, bagaimana sebuah Bumdes bisa maju, dan bagaimana system pengelolaannya, sehingga banyak ilmu yang didapat dalam tiap kali pertemuan” katanya.  

Lebih jauh ia mengatakan, pada umumnya setiap desa mempunyai perogram unggulan untuk kemajuan  desa masing-masing, kemudian jika program tersebut  memungkinkan untuk diterapkan, bisa saja mengadopsinya demi kemajuan bersama.

“Jadi dari hasil rapat serta kunjungan sesame sekdes tersebut, bisa kita adopsi programnya di desa masing masing agar desa-desa yang lain juga bisa maju.” tutupnya.

Reporter : Ronny Lattar 
Editor : Ronny Lattar