Martapura,- Guna lebih mengenalkan Ombudsman kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Banjar, Ombudsman RI perwakilan Kalsel, melaksanakan talkhow di Radio Suara Banjar, Selasa ( 21/07) pagi.
Talkshow dipandu penyiar Pepen, menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI perwakilan Kalsel, Muhammad Firhansyah Kepala Keasistenan PVL, Togi Situmorang Assisten Unti PVL, dan Ita Wijayanti Assiten Unit Pencegahan Ombudsman Kalsel.
Menurut Kepala Keasistenan PVL Ombudsman RI Kalsel, Muhammad Firhansyah, laporan dari masyarakat selama pandemi ini justru semakin banyak dari biasanya, terutama terkait permasalahan bansos, dimana masih ditemukan adanya bantuan yang tidak tepat sasaran.
“Peran ketua RT sangatlah penting dalam kunci permasalahan penyaluran bantuan ini, karena dialah yang sebenarmya mengetahui dengan pasti data dari penduduknya” Jelas Firhansyah.
“Kami dari Ombudsman dalam hal ini menyikapi permasalahan ini yang juga menjadi permasalahan secara Nasional, kami terus berupaya memberikan bantuan terkait pelaporan akan permasalahan Bansos ini” tambah Firhansyah.
Terkait aplikasi ” Lapor ” Firhansyah mengatakan Aplikasi ini sangat membantu Ombudsman, dan menjadi salah satu sinergitas Ombudsman dalam memantau aspirasi masyarakat akan aduan tentang pelayanan publik.
“Aplikasi Lapor sangat positif dan memberikan kontribusi sangat besar bagi kami, dari Aplikasi Lapor bisa diketahui bagaimana tentang kinerja pelayanan publik, dijelaskan narasumber lainya Ita.
Keberadaan Ombudsman di Kalimantan Selatan sudah 10 tahun berjalan dan di Indonesia selama 20 tahun, selama ini masyarakat memanfaatkan Ombudsman untuk laporan disemua lini bahkan hingga tentang hukum yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, Ombudsman menyikapinya dengan melihat laporan dari semua sisi pelayanan dari laporan terkait, juga mempunyai hak untuk merekomendasikan sangsi atau proses lainnya jika ada laporan masyarakat yang tidak ditanggapi.
Reporter : Akhmad Effendy Editor : Ronny Lattar